Wednesday, July 27, 2011

DPRD Sulbar Minta BUMD Maksimalkan Potensi Daerah


Senin, 20 June 2011,
Mamuju(malaqbi.com) - Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Barat, meminta agar Badan Usaha Milik Daerah mampu memaksimalkan potensi daerah untuk mendukung percepatan pembangunan di wilayah itu. "Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) harus pandai-pandai mengenali potensi unggulan di daerah ini dan tidak sekedar mencari perusahaan asing masuk ke Sulbar tanpa melihat apa manfaat bagi kepentingan masyarakat kita, "kata Anggota DPRD Sulbar, Kalvin P Kalambo di Mamuju, Senin.
Menurutnya, perencanaan yang dilaksanakan oleh BUMD tidak jelas arahnya dan terkesan hanya menjadi broker terhadap perusahaan asing yang memanfaatkan potensi daerah. "Mestinya BUMD memiliki arah perencanaan yang jelas dengan melihat potensi daerah yang akan di kelola. Karena kami khawatir, pemanfaatan potensi itu justru salah urus sehingga menimbulkan dampak buruk bagi kepentingan rakyat,"terangnya.
Ia mengatakan, selama ini BUMD hanya terfokus pada penyediaan fasilitas yang dibutuhkan perusahaan asing seperti pengeboran minyak dan gas (Migas) oleh PT Tately. "Kegiatan BUMD ini sebenarnya cukup baik. Namun akan lebih egfektif apabila juga mampu menggandeng perusahaan lain tanpa mengharapkan sepenuhnya dari perusahaan asing,"terangnya.
Kalvin mengemukakan, secara kelembagaan tentu dirinya mengharapkan peran BUMD mampu mendorong peningkatan ekonomi rakyat. "BUMD harus mencari usaha kreatif yang relevan dengan kondisi masyarakat di daerah ini. Ini sangat penting untuk diperhatikan oleh jajaran BUMD dan tidak sekedar mendorong masuknya investasi asing,"jelasnya.
Ia mengatakan, masyarakat Sulbar mayoritas sebagai petani sehingga BUMD hendaknya kreatif agar petani di daerah ini juga mengalami kemajuan. Jadi, kata dia, BUMD harus berbuat yang bisa menyentuh langsung dengan petani seperti membangun akses jalan ke sentra ekonomi rakyat.
Harapan membangun pelabuhan Belang-Belang kata dia, akan terasa mubazir apabila jalan menuju akses sentra ekonomi penghasil komoditas pertanian tidak membaik. "Bagaimana mungkin perekonomian rakyat membaik apabila masyarakat kita hanya masih mengandalkan kuda atau menggendong hasil pertanian mereka. Dan itu tidak akan efektif pelabuhan Belang-Belang apabila akses jalan menuju daerah sentra pertanian tersebut belum maksimal,"papar Kalvin.
Karena itu, BUMD sangat diharapkan sebagai lokomotiv yang mampu menggerakkan roda ekonomi dan tidak sekedar menjadi jembatan bagi pengusaha asing. "Prinsipnya, BUMD harus bekerja kreatif untuk menggerakkan roda ekonomi rakyat di daerah ini,"katanya.
(zl_mq)(ANT)
sumber:http://malaqbi.com/view_news.php?%20id=DPRD%20Sulbar%20Minta%20BUMD%20Maksimalkan%20Potensi%20Daerah

No comments:

Post a Comment