Tuesday, January 29, 2013

ExxonMobil Cari Mitra untuk Kelola Blok Mandar dan Cendrawasih


Tuesday, 22 05 2012

BY NURSEFFI DWI WAHYUNI

JAKARTA (IFT) - ExxonMobil Indonesia, perusahaan minyak dan gas asal Amerika Serikat, mencari mitra untuk mengembangkan Blok Mandar dan Blok Cendrawasih yang berada di Indonesia Timur. Asep Sulaeman, Senior Vice President Exploration External Relation ExxonMobil, mengatakan langkah tersebut merupakan bagian dari evaluasi bisnis kegiatan operasi ExxonMobil di Indonesia.


Asep Sulaeman

ExxonMobil telah mengebor tiga sumur eksplorasi di Blok Mandar. Namun, perusahaan asal Amerika Serikat itu tidak menemukan cadangan minyak dan gas bumi dalam jumlah signifikan di blok yang berada di selat Makassar. ExxonMobil memiliki 100% hak partisipasi (participating interest) di proyek laut dalam tersebut. "Kami tawarkan sekitar 50% di Blok Mandar," kata Asep kepada IFT, Senin.

Kondisi serupa juga terjadi di Blok Cendrawasih, sehingga Exxon memutuskan untuk melepas participating interest di blok yang berada di lepas pantai Papua tersebut. "Besarannya masih didiskusikan. Di situ kami miliki 55%, sisanya dikuasai Niko Resources Ltd," tuturnya.

No comments:

Post a Comment