Friday, April 1, 2011

Dana CSR dari Migas Sulbar Harus Dimaksimalkan



Mamuju (ANTARA) - Dana Corparate Social Responsibility (CSR) dari eksploitasi minyak dan gas yang dilakukan sejumlah perusahaan yang ada di Provinsi Sulawesi Barat harus dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Provinsi Sulawesi Barat, Asri Anas, di Mamuju, Minggu (2/1), mengatakan, pemerintah di daerah harus fokus memperjuangkan dana CSR dari perusahaan migas yang sementara ini melakukan eksplorasi dan eksploitasi migas di Sulbar.

Ia mengatakan, pemerintah di daerah harus mendesak perusahaan migas yang melakukan eksploitasi migas di Sulbar, karena itu sudah diatur dalam Undang Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan UU Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

Menurut dia, pemerintah di daerah berkewajiban mendesak perusahaan migas untuk memberikan perhatian kepada masyarakat dengan memberikan dana CSR karena dana CSR itu adalah bentuk pemberdayaan masyarakat.

"Kekayaan alam kita sudah dikelola perusahaan migas, sehingga perusahaan migas itu berkewajiban memberikan dana CSR," katanya.

Namun, kata dia, ketika perusahaan migas tidak memberikan dana CSR maka itu berarti perusahaan migas tidak memberikan keuntungan terhadap daerah dan keberadaannya patut dievaluasi pemerintah daerah.

"DPD RI akan memantau dari jauh eksplorasi dan eksploitasi migas di Sulbar dan juga akan meminta kepada perusahaan migas memberikan dana CSR kepada masyarakat sebagai bentuk pemberdayaan, demi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Menurut dia, terdapat sejumlah perusahaan migas di Sulbar yang sedang melakukan eksplorasi dan eksploitasi migas di antaranya di blok Suremana dan blok Mandar dikerjakan PT Exon Mobil Indonesia, blok Pasangkayu oleh PT Marathon Indonesia.

Kemudian, kata dia, potensi migas lainnya yang telah dilirik investor yakni block Kuma oleh PT Chonoco-Phillips Ina, blok Karama dikerjakan PT Star Oil-Pertamina, blok Karama oleh Pearl Oil, blok Malunda PT Exploration and Production dan blok South Mandar yang dikerjakan PT Exploration and Production.

No comments:

Post a Comment