Friday, April 1, 2011

Tately Eksplorasi Migas di Kecamatan Tommo


Minggu, 27 Maret 2011


Seputar Sulawesi.com, Mamuju - Perusahaan tambang Tately NV berencana melakukan ekplorasi minyak dan gas di Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat dalam tahun 2011.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulbar, Agussalim Tamadjoe di Mamuju, Sabtu mengatakan, PT Tately NV berencana melakukan ekspansi pengelolaan migasnya di Sulbar dengan menambah jumlah titik yang akan menjadi wilayah ekplorasi migasnya.

Ia mengatakan, PT Tateli NV berencana akan melakukan eksplorasi migas di Kecamatan Tommo sekitar 50 kilometer dari Kota Mamuju ibukota Provinsi Sulbar, karena perusahaan asing itu, menganggap Kecamatan Tommo memiliki potensi migas.

"PT Tately NV sudah menyampaikan kepada pemerintah di Sulbar kalau perusahaan tersebut segera akan melakukan ekplorasi migas di Kecamatan Tommo pada tahun ini karena perusahaan itu yakin Kecamatan Tommo mampu menghasilkan migas,"katanya.

Tamadjoe mengatakan, perusahaan itu sebelum melakukan eksplorasi migas di kecamatan Tommo akan melakukan sosialisasi ke masyarakat, setelah itu lansung akan melakukan pengeboran migas di Kecamatan itu.

Menurut dia, PT Tately NV merupakan perusahaan asing yang sebelumnya juga telah mengelola migas dititik lainnya Sulbar yakni di Kecamatan Baras Kabupaten Mamuju Utara, perusahaan itu telah melakukan pengeboran migas hingga kedalaman 2000 meter dibawah perut bumi.

"PT Tately NV telah melakukan pengeboran migas hingga 2000 meter dibawah perut bumi di Kecamatan Baras , namun perusahaan itu hanya menemukan gelembung gas dan belum menemukan hasil migas,"katanya.

Oleh karena itu ia mengatakan, perusahaan tersebut akan menambah kedalaman pengeborannya hingga 3000 meter di bawah perut bumi karena perusahaan itu yakin dan optimis jika dikedalaman 3000 meter akan ditemukan hasil migas pada lahan migas yang dikelolanya dengan luas sekitar 5.494,51 Km2.

"PT Tately NV telah melakukan pengeboran migas tanggal sejak tanggal 16 Desember 2010 lalu di Kecamatan Baras yakin dan sangat optimis jika migas yang dicarinya berada pada kedalaman 3000 meter,"katanya.

Menurut dia, pengeboran Migas PT Tately NV yang diresmikan langsung Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh, diharapkan pemerintah di Sulbar dan pemerintah pusat pengeboran migas PT Tately NV itu dapat berhasil agar dapat memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah pemerintah di Sulbar dan pemerintah pusat.

Ia mengatakan, PT Tately NV merupakan salah satu perusahaan asing yang paling aktif mengelola migas di Sulbar karena telah melakukan ekspansi wilayah pengelolaan migasnya dari kabupaten yang satu ke Kabupaten yang lain.

Menurutnya selain PT Tately NV sejumlah perusahaan migas lainnya di Sulbar juga melakukan eksplorasi migas di Sulbar di antaranya PT Exon Mobil yang melakukan eksplorasi di block Suremana dan block Mandar serta PT Marathon Indonesia di block Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara.

Selain itu, Pearl Oil yang mengeksplorasi migas di block Karama dan PT Exploration and Production di block Malunda, serta PT Exploration and Production yang mengekplorasi migas di block South Mandar.***3***

(Iwn/Ant)

No comments:

Post a Comment