Tuesday, April 12, 2011

Exxon Serius Investasi di Blok Mandar dan Suremana




Thursday, 07 May 2009
JAKARTA - Exxon Mobil yang sedang melakukan pengeboran di Blok Mandar dan Suremana, Sulawesi Barat, menegaskan keseriusannya untuk mengeksplotasi kandungan minyak di dua blok tersebut. Pihak Exxon juga mengatakan sangat serius berinvestasi di daerah tersebut.Keseriusan Exxon itu disampaikan Vasta C Choesin, Exploration Public Affair ExxonMobil usai bertemu dengan Gubernur Sulbar, H Anwar Adnan Saleh di sela-sela konvensi dan ekshibisi The 33rd Indonesian Petrolium Association (IPA) di Jakarta Convention Centre (CCC), Rabu, 6 Mei.

"Sekarang ini kita sedang melakukan pengeboran. Hasilnya akan diuji untuk memastikan bahwa ada potensi di sana," kata Vasta.

Meski demikian, lanjutnya, berdasarkan teori, blok Mandar dan Suremana itu memiliki potensi minyak atau gas. Untuk itu, pengeboran ini akan memastikan potensi tersebut. "Tapi kalau tidak ada tanda-tanda, tentu kita tidak akan berani untuk melakukan kontrak," katanya.

Menurut Vasta, Blok Mandar dan Suremana itu merupakan dua dari blok yang dilelang pemerintah kepada investor. Dia pun berjanji, begitu hasilnya sudah ada dan memang potensial untuk dikembangkan, Exxon akan langsung mengumumkannya. "Kita sangat serius, karena memang kita melihat bahwa ada peluang investasi di sana," katanya.

Anwar Adnan Saleh menegaskan keyakinannya akan potensi minyak atau gas di dua blok di wilayahnya itu. Karena itu, ia pun berharap, hasil pengeboran yang dilakukan Exxon segera memberi jawaban. "Kami tentu berharap mendapat kabar gembira. Sebab, buat apa ada kekayaan kalau hanya di perut bumi," ujar Anwar.

Jika dua blok tersebut bisa dikelola dengan baik, Anwar sangat yakin bahwa perekonomian Sulbar akan berjalan cepat. Sebab, di samping potensi minyak dan gas, Sulbar juga memiliki kekayaan alam dari sektor pertanian dan perkebunan. "Kalau pengeboran minyak ini bisa jalan, begitu banyak tenaga kerja akan diserap," katanya meyakinkan.

Apalagi, saat ini, Exxon melalui program CSR-nya sudah menyekolahkan anak-anak di Sulbar yang nantinya diharapkan juga bisa dipekerjakan di Exxon. (Harian Fajar, 7 Mei 2009)

No comments:

Post a Comment