Friday, April 29, 2011

Dua Perusahaan Asing Segera Ekploitasi Migas Sulbar


sumber : Antara 5/Mar/2011 01:27

Mamuju (ANTARA) - Ada dua perusahaan asing akan melakukan eksploitasi minyak dan gas (Migas) yang ada di wilayah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Agussalim Tamadjoe di Mamuju, Jumat.

Dia mengatakan, kedua perusahaan asing tersebut adalah PT Chonoco-Phillips, PT Stat Oil sebelumnya telah melakukan eksplorasi migas di Sulbar sejak dua tahun lalu.

Ia mengatakan, kedua perusahaan migas tersebut yakni PT Chonoco Phillips akan mengelola migas di Blok Kuma dan PT Stat Oil di blok Karama Kabupaten Mamuju, selanjutnya akan melakukan eksploitasi.

"PT Chonoco Philips akan melakukan ekploitasi minyak dan gas di Sulbar pada Maret 2011, sementara PT Stat Oil akan melakukan eksploitasi migas pada Agustus 2011,"katanya.

Menurut dia, kedua perusahaan itu telah melakukan sosialisasi kepada pemerintah di Sulbar mengenai ekpolitasi migas yang bakal dilakukan perusahaan tersebut.

Tamadjoe mengatakan, pada Desember 2010 salah satu perusahaan asing juga ada di Sulbar yakni PT Tately NV yang mengekploitasi migas di Blok Budong-Budong Kabupaten Mamuju dengan luas lahan eksploitasi mencapai sekitar 5.494,51 Km2.

Sementara sejumlah perusahaan migas lainnya masih melakukan eksplorasi di antaranya PT Exon Mobil yang melakukan eksplorasi di block Suremana dan block Mandar serta PT Marathon Indonesia di block Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara.

Selain itu, Pearl Oil yang mengeksplorasi migas di block Karama dan PT Exploration and Production di block Malunda, serta PT Exploration and Production yang mengekplorasi migas di block South Mandar.

Ia berharap ekplorasi dan ekploitasi migas yang dilakukan sejumlah perusahaan asing baik di perairan Sulbar maupun di daratan itu dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.

No comments:

Post a Comment