Monday, June 27, 2011

Mamuju Dapat 12 Persen Hasil Eksplorasi Migas


Rabu, 15 Juni 2011
Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat akan mendapatkan sekitar 12 persen dari hasil eksplorasi minyak dan gas yang dilakukan sejumlah perusahaan migas di daerah itu.

Bupati Kabupaten Mamuju, Drs. Suhardi Duka, MM. di Mamuju, Minggu, mengatakan, hasil eksplorasi yang akan didapatkan Kabupaten Mamuju dari sejumlah perusahaan migas yang melakukan investasi dengan melakukan eksplorasi migas di Mamuju, sekitar 12 persen.

Ia mengatakan, sekitar 12 persen hasil migas itu akan didapatkan dari tiga perusahaan yang melakukan ekplorasi migas di Mamuju yang diantaranya PT Tately NV, yang melakukan pengeboran migas di daratan Mamuju dan PT Marathon Oil serta Conoco Philips yang melakukan eksplorasi migas di perairan Mamuju.

" Hasil yang diharapkan akan didapatkan dari investasi tiga perusahaan itu mencapai Rp. 5 triliun ketika perusahaan asing itu benar-benar menghasilkan migas, dengan hasil itu pendapatan daerah Kabupaten Mamuju akan dapat menyamai pendapatan daerah di Kalimantan yang juga mengandalkan migas, " katanya.

Bupati mengatakan, pemerintah di Mamuju sangat optimis investasi migas sejumlah perusahaan itu akan berhasil, karena harus diakui Mamuju merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam yang sangat kaya termasuk memiliki kandungan migas yang bisa diandalkan untuk memberikan hasil.

Ia mengatakan, Mamuju pada masa yang akan datang akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat ketika investasi migas itu dapat membuahkan hasil dan masyarakat daerah ini akan semakin sejahtera karena peningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) ini juga akan bertambah.

Bupati berharap agar masyarakat yang ada di Mamuju dapat mendukung agar investasi tersebut berhasil, karena akan sangat bermanfaat bagi daerah ini, dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat membuat investasi tersebut terganggu.

"Masyarakat atau pihak manapun jangan mengganggu jalannya investasi ini, karena akan sangat berguna buat daerah dalam pembangunan ekonomi, jangan berbuat sesuatu yang dapat membuat perusahaan migas yang melakukan investasi meninggalkan daerah ini tanpa menghasilkan sesuatu buat daerah ini," katanya.

Ia juga meminta kepada perusahaan migas yang melakukan eksploitasi dapat memberdayakan masyarakat dengan mempekerjakan mereka dan memberikan mereka hasil ketika investasi migas telah berhasil dijalankan jangan membiarkan masyarakat menderita.

" Kalau perusahaan migas tidak memberdayakan masyarakat saya akan usir karena akan merugikan daerah ini," katanya. (ANTARA News)
sumber: http://www.mamujukab.go.id/forum/201-mamuju-dapat-12-persen-hasil-eksplorasi-migas.html

No comments:

Post a Comment