Monday, June 20, 2011

Tately Pindahkan Titik Pengeboran Migas


Minggu, 12 Juni 2011
MAMUJU -- Setelah melakukan eksplorasi minyak dan gas (migas) sejak Desember tahun lalu di Kecamatan Baras, Kabupaten Mamuju Utara (Matra) Sulbar, pihak Tately menghentikan sementara aktivitasnya di lokasi tersebut. Tately memutuskan untuk memindahkan titik pengeboran ke Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di rumah jabatannya, Minggu, 12 Juni. "Peghentian sementara itu dilakukan karena mereka belum mendatangkan tenaga ahli yang mampu mengatasi jika terjadi risiko pada titik yang dibor," kata Anwar.

Dia membeberkan, lokasi pengeboran awal itu memiliki tekanan migas yang sangat besar pada kedalaman seperdua dari rencana pengeboran yang telah dilakukan saat ini.

Namun, lanjutnya, perusahaan yang bersangkutan, khawatir ketika tetap melanjutkan pengeboran migas dengan tekanan yang kuat akan terjadi semburan minyak yang tidak terkendali seperti kasus lumpur Lapindo di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Olehnya itu, kemarin, perusahaan sudah mulai memindahkan seluruh peralatan pengeboran ke lokasi baru di Kecamatan Tommo Mamuju. Pengeboran perdana sendiri di lokasi ini secara simbolis dihadiri Sekprov Sulbar, Arsyad Hafid dan Bupati Mamuju, Suhardi Duka. "Pada dasarnya kita semua berharap agar pengeboran ini berhasil dan seluruh masyarakat bisa mendukung kegiatan ini," kata Anwar. (nur)

sumber: http://www.fajar.co.id/read-20110612190733-tately-pindahkan-titik-pengeboran-migas

No comments:

Post a Comment