Wednesday, January 4, 2012

Tujuh Perusahaan Migas Investasi di Sulbar

Minggu, 14 Februari 2010 19:45 WITA |

Sulbar Mamuju (ANTARA News)- Sebanyak tujuh perusahaan yang bergerak dibidang migas sejak 2009, telah melakukan investasi di Sulawesi Barat (Sulbar). "Potensi migas yang kita miliki saat ini telah ditangani oleh beberapa perusahaan besar yang saat ini sementara dalam tahap survei hingga tahap eksplorasi atau pengeboran di sembilan titik blok migas yang ada di Sulbar," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Minggu. Menurut dia, tujuh perusahaan tersebut masing-masing PT Exxon Mobile, Pearl Oil, Marathon International, Conoco Phlips, Statoil Hydro, Tatelly dan PTT Ep Thailand.

 Ia mengungkapkan, untuk blok Suremana saat ini masih dalam tahap pengeboran yang ditangani Exxon Mobile dengan luas 5.339.63 Km2 yang terdapat diantara Kabupaten Mamuju Utara dengan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, dan blok Mandar dengan luas 4.196,25 Km2 yang terdapat antara kabupaten Polewali Mandar dan Majene. Sementara itu, kata dia, perusahaan Marathon Inter sudah selesai melakukan tahap eksplorasi pada blok Pasangkayu dengan luas 4.707,63 Km2. Selain perusahaan dari Marathon Inter yang sudah selesai melakukan tahap eksplorasi, perusahaan Chonoco Phlips juga sudah selesai melakukan tahap eksplorasi pada blok Kuma di kabupaten Mamuju Utara, dengan luas sekira 5.086,10 Km2. Menurut Anwar, untuk perusahaan Tatelly saat ini sedang dalam survei seismic dan eksplorasi pada blok Budong-Budong di wilayah antara kabupaten Mamuju dan Mamuju Utara dengan luas 5.494,51 Km2, serta blok Karama yang masih dalam tahap survei juga dikelola oleh perusahaan Statoil Hydro pada kabupaten Mamuju Utara dengan luas 4.287,37 Km2.

 Sementara dua perusahaan lainnya yakni Pearl Oil dan PTK Ep Thailand juga telah selesai melakukan ekplorasi maupun survei seismic 2. "Untuk Blok Malunda yang dikerjakan oleh PTT Ef Tahiland dengan luas 5.000 Km2 di wilayah pesisir Kabupaten Majene, sedangkan untuk Blok Karana dibidik oleh perusahaan Peral Oil yang telah selesai masa tahap eksplorasi di wilayah kabupaten Majene dengan luas 5.389,68 Km2," urainya. Kemudian blok Mandar Selatan dikelola dari PTT Eksploration saat ini juga sudah selesai dalam survei seismic 2 dengan luas 3.800 Km2 yang terdapat di Kabupaten Polman. (T.KR-ACO/S016) COPYRIGHT © 2010 http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/12954/tujuh-perusahaan-migas-investasi-di-sulbar


No comments:

Post a Comment