Thursday, January 13, 2011

Eksplorasi Minyak di Sulawesi Barat Dimulai

20 Desember 2010

Metrotvnews.com, Mamuju: Pengeboran minyak di daratan Sulawesi Barat ini berada di Desa Saptana Jaya, Kecamatan Sarudu, Kabupaten Mamuju Utara yang masuk dalam wilayah blok migas Budong-Budong. Perusahaan yang melakukan eksplorasi migas di blok darat Budong-Budong ini adalah Tately NV.

Peresmian dimulainya pengeboran minyak di Mamuju Utara, Sulawesi Barat dihadiri sejumlah pejabat dari pusat, salah satunya yakni staf ahli kementerian sumbera daya energi dan mineral, Hadi Purnomo yang mewakili Menteri ESDM Darwin Zahedi.

Kepala Humas Tately NV, Ismail Dimyati, berdasarkan penelitian ilmiah yang sudah dilakukan, di daerah ini memiliki kandungan minyak. Namun untuk memastikan kuantitas kandungan minyak gas di satu sumur, dibutuhkan waktu sekitar 3 bulan.

Ia menjelaskan pihaknya masih terus meneliti kemungkinan masih adanya sumur minyak lain di daerah eksplorasi ini. Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh menyatakan kedatangan investor bidang migas di daerah Sulawesi Barat diharapkan akan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Sulawesi Barat salah satunya dalam upaya memajukan ekonomi daerah ini.

Ia meminta perusahaan pengelola migas ini dapat memprioritaskan warga lokal untuk bekerja di areal pengeboran ini.

Di Sulawesi Barat terdapat 9 blok migas. Blok Budong-budong adalah satu blok migas yang berada di daratan Sulawesi Barat, 8 blok lainnya seperti Blok Mandar, berada di laut atau lepas pantai Sulawesi Barat. (RIE)

No comments:

Post a Comment