Thursday, January 13, 2011

Sembilan Blok Migas Sulbar, Mampu Serap 10 Ribu Pekerja




MAMUJU -- Sumber daya alam Provinsi Sulawesi Barat cukup potensial untuk membawa provinsi termuda ini dari keterbelakangan dengan banyak mengandung ladang minyak dan gas. Setidaknya, dari wilayah daratan dan perairannya sudah terdapat sembilan blok minyak dan gas (migas) yang sedang di eksplorasi.

Dengan kekayaan alam migas ini, harap Asisten Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, AKhsan Djalaluddin, Jumat 15 Oktober beberapa jam lalu, kegiatan eksplorasi tambang migas tersebut bisa meraup paling tidak sekitar 10 ribu pekerja.

Dari sembilan blok migas, lanjutnya, lima blok saja yang beroperasi sudah mampu mempercepat perkembangan ekonomi rakyat Sulbar. Sejauh ini, sudah ada beberapa investor asing yang telah melakukan eksplorasi, misalnya PT Marathon International Petroleum Indonesia Limited yang telah bekerja di Pasangkayu, tepatnya di perairan lepas pantai Kabupaten Mamuju Utara (Matra) sejak 4 Agustus lalu. Selain di Pasangkayu, blok migas lain yang sementara dieksplorasi seperti di blok Suremana, Budong-Budong dan lainnya," tandasnya. (sms)
(Sumber: Fajar)

No comments:

Post a Comment