Saturday, October 22, 2011

Conoco Philips Bantu Pendidikan Sulbar


Jumat, 01 April 2011 04:09 WITA | Sulbar
Mamuju (ANTARA News) - Perusahaan minyak dan gas Conoco Philips, yang segera melakukan pengeboran sumur migas di Blok Kuma yang terletak antara Kabupaten Mamuju dan Mamuju Utara, Provinsi Sulawesi Barat, membantu pemerintah Sulbar berupa fasilitas pendidikan.

Koordinator New Venture Support Conoco Philips, Muhammad Ismiradji, di Mamuju, Kamis, mengatakan, Conoco Philips akan membantu sarana fasilitas pendidikan di Sulbar.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan berupa 30 unit komputer yang akan digunakan bagi proses pendidikan yang ada di Sulbar. Selain itu, memberikan sekitar 5400 buku belajar bagi para peserta didik di Sulbar.

"Bantuan yang bernilai ratusan juta itu telah diserahkan langsung pihak Conoco Philips kepada Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Jamil Barambangi, untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya bagi kemajuan pendidikan di Sulbar," katanya.

Menurut dia, pemberitaan bantuan tersebut sebagai bentuk konsistensi Conoco Philips dalam memberdayakan masyarakat Sulbar setelah melakukan eksplorasi migas di Sulbar. Pemberian bantuan itu sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah bagi setiap perusahaan migas asing yang melakukan eksplorasi migas dinegara ini.

"Pemberian bantuan pendidikan itu salah satu bentuk program Corparate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan Conoco Philips sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat setelah melakukan ekplorasi migas," katanya.

Ia mengatakan, ketika berhasil melakukan pengeboran migas di Blok Kuma yang terletak antara Kabupaten Mamuju dan Mamuju Utara Provinsi Subar pada awal bulan April tahun 2011, Conoco Philips akan kembali memberikan bantuan dana CSR bagi masyarakat Sulbar.

"Bantuan yang diberikan akan lebih besar dari bantuan ini, bahkan ketika berhasil perusahaan migas ini akan memberikan kontribusi pendapatan bagi daerah ini," katanya.

Menurut dia, pengeboran sumur migas yang dilakukan Conoco Philips akan dilakukan hingga kedalaman 2000 meter sampai 2500 meter dibawah perut bumi dengan melakukan sebanyak dua sumur migas.

"Pengeboran sumur migas yang dilakukan Conoco Philips ini telah disosialisasikan kepada pemerintah maupun masyarakat yang berprofesi nelayan di Sulbar yang nantinya akan terkena dampak dari pengeboran migas yang dilakukan Conoco Philips tersebut, karena pengeboran migas itu akan sangat berbahaya bagi nelayan," katanya.

Ismiradji mengatakan, rumpon nelayan yang selama ini beroperasi di sekitar lokasi yang akan dijadikan wilayah pengeboran migas Chonoco Philips hingga jaraknya 500 meter akan segera diputus, namun nelayan akan diberikan ganti rugi sesuai ketentuan yang ada.

Menurut dia, pengeboran migas yang dilakukan Conoco Philips akan mengikuti peraturan yang berlaku, yaitu pedoman umum operasi pengeboran migas sesuai yang dikeluarkan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), serta memperhatikan dan meminimalisir dampak lingkungan yang akan ditimbulkan. (T.KR-MFH/M012)
COPYRIGHT © 2011

http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/26201/conoco-philips-bantu-pendidikan-sulbar

No comments:

Post a Comment