Saturday, October 22, 2011

Perusahaan Migas Bantu Pinjaman Lunak Nelayan

Kamis, 21 April 2011 12:34 WITA | Ekonomi
Mamuju (ANTARA News) - Perusahaan minyak dan gas asal Norwegia yang akan melaksanakan pengeboran minyak dan gas di blok Karama Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat memberikan bantuan lunak kepada nelayan.

"Stat Oil yang akan melakukan pengeboran migas di Blok Karama Kabupaten Mamuju memberikan bantuan lunak untuk pengembangan usaha nelayan,"kata Kepala Biro Humas Pemprov Sulbar, Rasyid Tumpang, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, pada tahun 2010 yang lalu pinjaman lunak yang diberikan Stat Oil kepada nelayan telah digunakan nelayan untuk memaksimalkan mengembangkan usaha perikanannya yang sudah berjalan di Mamuju.

Selain itu ia mengatakan, dananya juga digunakan untuk perluasan jaring tancap serta untuk pembuatan sero bagan nelayan kemudian untuk pengadaan mesin pembuat pakan ikan.

Menurut dia, selain memberikan bantuan lunak kepada nelayan Stat Oil juga memberikan bantuan untuk program usaha mikro di Kabupaten Mamuju yakni dengan memberikan bantuan mesin pengolah kelapa skala rumah tangga untuk dua kelompok masyarakat yang didominasi ibu rumah tangga.

Kemudian Stat Oil juga memberikan bantuan keuangan kepada usaha mikro tersebut serta memberikan bantuan kepada suami mereka dengan memberikan bantuan holtikultur dan bantuan peternakan.

"Suami ibu rumah tangga tersebut juga akan diberikan usaha di sektor pertanian jangka pendek seperti tanaman holtikultura serta dibidang peternakan untuk menjadi usahanya agar turut berpenghasilan dengan baik,"katanya.

Menurutnya, bantuan nelayan dan usaha mikro dari perusahaan migas Stat Oil yang akan melakukan pengeboran migas di tiga sumur migas Blok Karama merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan perusahaan itu.

Perusahaan migas Stat Oil akan melakukan pengeboran migas di Blok Karama pada kedalaman sekitar 2000 meter dibawah permukaan laut pengeboran itu akan dilakukan pada bulan Juni tahun 2011 mendatang. (T.KR-MFH/B008)

http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/26955/perusahaan-migas-bantu-pinjaman-lunak-nelayan

No comments:

Post a Comment