Saturday, October 22, 2011

Masyarakat Diminta Ikut Mendukung Pengeboran Migas Tommo


Minggu, 12 Juni 2011 22:01 WITA | Ekonomi
Mamuju (ANTARA News) - Bupati Mamuju, Sulawesi Barat, Suhardi Duka meminta masyarakatnya mendukung perusahaan asing PT Tately NV yang telah memulai melakukan pengeboran perdana minyak dan gas di Kecamatan Tommo, sekitar 100 kilometer dari Kota Mamuju.

"Investasi PT Tately yang telah melakukan pengeboran minyak dan gas (Migas) di Tommo tentu diharapkan membawa harapan untuk kesejahteraan rakyat," kata Bupati Suhardi Duka saat ikut menyaksikan peresmian pengeboran perdana migas block budong-budong di Tommo, Minggu.

Karena itu, lanjutnya, apa yang dilakukan PT Tately patut diberikan dukungan penuh karena keberadaan perusahaan ini merupakan cikal bakal yang akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Mamuju.

"Pemerintah akan membuka diri bagi perusahaan yang ingin melakukan pemanfaatan potensi alam seperti eksplorasi migas yang dilakukan Tately. Karenanya, pemerintah tak menginginkan ada yang melakukan upaya-upaya untuk menggagalkan eksplorasi ini," ungkapnya.

Namun demikian, lanjutnya, pemerintah pun akan tidak serta merta memberikan peluang bagi perusahaan asing apabila tidak mampu memberikan kesejahteraan bagi rakyat di daerah ini.

` Untuk itu, PT Tately yang melakukan pengeboran migas ini hendaknya tetap meningkatkan kerjasama dengan masyarakat lokal agar terbangun komunikasi yang baik.

"Saya sudah melakukan penekanan terhadap setiap perusahaan, termasuk Tately untuk memberikan kapling pekerjaan untuk masyarakat, terkecuali kegiatan yang sifatnya teknis maka perusahaan tentu memberdayakan tenaga dari luar yang memang ahli di bidang pengeboran migas," ucapnya.

Ia juga menyampaikan, guna menciptakan rasa aman maka tentu membutuhkan partisipasi dari semua pihak, khususnya masyarakat lokal agar tidak terpengaruh dengan isu-isu yang bisa menyesatkan.

Untuk itu, kata dia, peran pemerintah kecamatan dan desa untuk membuat suasana pelaksanaan pengeboran migas itu tidak terganggu dari gangguan oknum tertentu yang sengaja melakukan penghasutan kepada warga.

"Pemerntah desa harus meningkatkan komunikasi yang intensif agar tidak ada celah yang dimanfaatkan oknum tertentu yang tidak menghendaki suksesnya pengeboran migas ini," terangnya.

Bupati menambahkan, jika pengeboran migas tersebut menghasilkan tetesan minyak maka cepat atau lambat daerah ini akan mengalami kemajuan yang begitu pesat. (T.KR-ACO/F003)


COPYRIGHT © 2011

http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/28883/masyarakat-diminta-ikut-mendukung-pengeboran-migas-tommo

No comments:

Post a Comment