Saturday, October 22, 2011

Pemprov Sulbar Usulkan Penyertaan Modal Perusahaan Migas


Senin, 29 Juni 2009 15:50 WITA | Daerah
Mamuju (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengusulkan penyertaan modal ke salah satu perusahaan minyak dan gas (Migas) yang melakukan ekplorasi di Sulbar yakni Exxon Mobile.

Usulan tersebut disampaikan Sekertaris Daerah Sulbar, Arsyad Hafid, dalam rapat pembahasan ranperda tentang penyertaan modal di DPRD Provinsi Sulbar, Senin.

Sekda mengusulkan agar DPRD Sulbar menyepakati usulan Pemprov Sulbar mengenai penyertaan modal ke perusahaan migas Exxon Mobile sebesar 10 persen

Ia mengatakan Exxon Mobile yang melakukan ekplorasi migas di Blok Surumana Kabupaten Mamuju Utara telah hampir selesai, dan akan memasuki tahap ekpoloitasi.

Oleh karena itu kata dia, Pemprov Sulbar mengusulkan penyertaan modal 10 persen tersebut, untuk setiap sumur migas perusahaan Exxon Mobile tersebut yang telah berproduksi.

"Penyertaan modal ini akan menjadi sumber pendapatan daerah ini untuk lebih mensejahterakan rakyat,"ujarnya
Ia mengatakan pendapatan dari sektor migas dari hasil ekploitasi perusahaan migas Exxon Mobile itu juga akan diatur melalui sistem bagi hasil antara perusahaan migas dan pemerintah ditingkat Provinsi dan Kabupaten daerah ini.

"Hasil produksi dari ekploitasi perusahaan migas di Sulbar akan dilakukan bagi hasil yakni 62 persen dari produksi untuk pemerintah ditingkat kabupaten dan 12 persen untuk pemerintah ditingkat Provinsi,"ujarnya.
Menurut dia, sebelumnya Direktorat Jendral Pajak juga sudah mulai menyusun pajak untuk sumber pendapatan dari sektor migas tersebut.

(T.PK-MFH/S016)

COPYRIGHT © 2009

http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/5015/pemprov-sulbar-usulkan-penyertaan-modal-perusahaan-migas

No comments:

Post a Comment