Saturday, October 22, 2011

Tately Berdayakan Lima Kontraktor Lokal

Selasa, 14 Juni 2011 01:49 WITA | Sulbar
Mamuju (ANTARA News) - Perusahaan minyak dan gas Tately NV memberdayakan lima kontraktor lokal dalam melakukan pengeboran migas di Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

General Manager Tately NV Dr Geas di Mamuju, Senin, mengatakan hal itu kepada Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh saat melakukan pemaparan mengenai pengeboran Minyak dan Gas (Migas) yang dilakukan Tately NV di Kecamatan Tommo, Mamuju.

Geas mengatakan, pengeboran migas yang dilakukan Tately NV sebelumnya hanya memberdayakan satu perusahaan lokal yakni PT Passokorang dalam melakukan pengeboran migas di Kecamatan Tommo.

Namun kini, kata dia, terdapat lima perusahaan lokal yang diberdayakan untuk mendampingi PT Tately NV melakukan pengeboran migas di Mamuju.

"Tately NV memberdayakan lima kontraktor lokal itu sebagai bentuk program comuniti development yang dilakukan Tately saat pengeboran migas dan juga sebagai bentuk komitmen Tately dalam rangka memberdayakan kontraktor lokal," ucapnya.

Menurut dia, Tately sebelumnya melakukan kesalahan kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju karena tidak memberdayakan kontraktor lokal dalam melakukan pengeboran migas di Kecamatan Tommo.

Namun kini kata dia, Tately NV menyadari itu dan telah memberdayakan kontraktor lokal setelah setahun lamanya melakukan persiapan pengeboran migas di Kecamatan Tommo.

Ia mengatakan, pengeboran pada sumur migas yang disebut KD 1 akan membutuhkan waktu selama dua bulan lamanya agar dapat ditentukan apakah akan ada potensi migas di sumur itu atau tidak.

Sebelumnya, Manajer Operasional Tately Mike Ellis pada peresmian pengeboran migas di Tommo bahwa pengeboran migas di Kecamatan Tommo merupakan pengeboran migas kedua yang dilakukan PT Tately di daratan Provinsi Sulbar, setelah sebelumnya perusahaan itu melakukan pengeboran migas di Kecamatan Sarudu pada sumur migas yang disebut LG 1.

Ia mengatakan, pengeboran migas di Kecamatan Tommo itu menghabiskan anggaran sekitar 31 juta dolar AS dan akan dilakukan hingga kedalaman 3.000 meter di bawah permukaan bumi.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh berharap pengeboran migas yang dilakukan PT Tately dapat berhasil karena akan sangat berdampak bagi perkembangan ekonomi daerah.


Anwar Adnan Saleh

"Tately kami minta dapat melakukan kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola migas serta memberikan keuntungan bagi daerah ini ketika berhasil melakukan pengeboran migas itu," katanya.
(T.KR-MFH/F003)

COPYRIGHT © 2011

http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/28903/tately-berdayakan-lima-kontraktor-lokal

No comments:

Post a Comment