Saturday, October 22, 2011

Tately Temukan Gas di Sumur Migas Sarudu


Selasa, 14 Juni 2011 01:51 WITA | Ekonomi
Mamuju (ANTARA News) - PT Tately NV menemukan potensi gas di Sumur LG 1 Kecamatan Sarudu, Kabupaten Mamuju Utara, Provinsi Sulawesi Barat setelah melakukan pengeboran minyak dan gas daerah itu.

"Senior Geoscientist" Tately NV Farry Hakim di Mamuju, Senin menanggapi Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh yang mempertanyakan mengenai penyebab Tately NV menghentikan pengeboran migasnya di Kecamatan Sarudu, Mamuju Utara.

Ferry Hakim mengatakan, Tately NV menghentikan sementara aktivitasnya melakukan pengeboran Migas di Kecamatan Sarudu karena setelah melakukan pengeboran hingga kedalaman sekitar 727 meter dibawah perut bumi Tately NV, menemukan gas.

"Gas itu semburannya sangat kuat, sehingga dikhawatirkan kalau pengeboran itu terus dilakukan maka akan menimbulkan dampak alam yang dapat beresiko tinggi bagi masyarakat Kecamatan Sarudu," katanya.

Oleh karena itu ia mengatakan, PT Tately NV mengehentikan sementara aktivitasnya melakukan pengeboran migas karena potensi gas yang terkandung dalam perut bumi di Kecamatan Sarudu diakui sangat sulit dikelola Tately NV.

"Tately belum mengelola gas yang didapatkan itu karena akan butuh biaya yang sangat besar karena akan membutuhkan teknologi lebih canggih untuk mengelolanya agar dapat menghasilkan,"katanya.

Ia mengatakan, kalaupun juga potensi gas tersebut harus dikelola dengan anggaran besar maka kesulitannya kemudian adalah pemasaran gas tersebut, karena gas itu ketika berhasil dikelola sulit untuk dipasarkan.

Sehingga ia mengatakan, jika Tately NV kemudian juga masih akan melakukan pengeboran migas di sumur LG 1 Kecamatan Sarudu, maka yang akan dicari adalah potensi minyak karena lebih mudah untuk dikelola, dari pada potensi gas.

"Pengeboran migas masih akan dilakukan PT Tately NV hingga kedalaman 1618 meter dibawah perut bumi untuk mencari minyak, namun pengeboran itu baru akan dilakukan pada tahun depan,"katanya.

Menurut dia, Tately NV masih akan melakukan pengeboran migas hingga kedalaman 1618 meter dibawah perut bumi karena perusahaan kami yakin kandungan minyak bumi yang dicari ada di kedalaman itu.

"Tetapi jika sumur LG 1 tidak ditemukan minyak yang dicari maka akan dilakukan lagi pengeboran dua sampai tiga sumur migas, sampai minyak yang dicari ditemukan,"katanya.

Ia mengatakan, saat ini peralatan Tately NV di sumur LG 1 saat ini telah dipindahkan untuk melakukan pengeboran migas di Kecamatan Tommo pada sumur migas KD 1 di daerah itu karena diyakini di Kecamatan Tommo juga terdapat kandungan migas yang dicari.. (T.KR-MFH/M027)
COPYRIGHT © 2011
http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/28904/tately-temukan-gas-di-sumur-migas-sarudu

No comments:

Post a Comment