Sunday, December 25, 2011

Kadin Ajak Pengusaha Sulbar Jadi Kontraktor Migas


Selasa, 22 November 2011 07:52 WITA | Ekonomi
Mamuju (ANTARA News) - Kamar Dagang dan Industri Provinsi Sulawesi Barat mengajak pengusaha di provinsi tersebut dapat meningkatkan daya saing menjadi kontraktor minyak dan gas.

"Di Sulbar akan segera dilakukan eksploitasi sembilan blok migas, setelah dilakukan eksplorasi oleh perusahaan asing sejak tahun 2009," kata kata Harry Warganegara Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulbar di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, setelah lima tahun kedepan ketika sembilan blok migas di Sulbar benar-benar dilakukan eksploitasi karena cadangan minyak Sulbar telah ditemukan melalui eksplorasi, maka pengusaha di Sulbar harus bersiap menjadi kontraktor migas.

"Pengusaha di Sulbar harus menjadi kontraktor migas, setelah eksploitasi dilakukan untuk mengerjakan sejumlah proyek kontruksi yang berkaitan dengan proyek ekploitasi yang dilakukan perusahaan migas di sembilan blok di Sulbar,"katanya
Oleh karena itu ia meminta agar pengusaha di Sulbar dapat meningkatkan daya saing dan kompetensinya, agar mampu mengerjakan proyek migas di Sulbar yang ketika akan ada nantinya.

"Jangan jadi penonton jangan sampai pengusaha dari luar Sulbar yang mengerjakan proyek kontruksi ketika eksploitasi migas di Sulbar dilakukan, itu akan merugikan pengusaha di Sulbar,"katanya.

Ia berharap pengusaha Sulbar yang tertarik untuk menjadi kontraktor migas harus segera melakukan pengurusan izin ditingkat pusat, karena menjadi kontraktor migas tidak mudah karena proses tendernya dilakukan secara nasional.

"Menjadi kontraktor migas, haruslah memiliki izin bertaraf nasional karena migas harus ditender secara nasional dan itu tidak mudah, harus melalui proses panjang,"katanya.

Menurut dia, di Sulbar saat ini hanya BUMD yang layak menjadi kontraktor karena telah memiliki izin selebihnya belum ada perusahaan di Sulbar yang layak jadi kontraktor migas.

"BUMD Sulbar, tidak ingin hanya sendirian mengerjakan proyek migas di Sulbar tapi seluruh pengusaha di Sulbar juga berusaha dengan terlebih dahulu meningkatkan daya sainnya,"katanya. (T.KR-MFH/M019)
COPYRIGHT © 2011

http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/34024/kadin-ajak-pengusaha-sulbar-jadi-kontraktor-migas

No comments:

Post a Comment