Sunday, December 25, 2011

Pengusaha Sulbar Diminta Berkompetisi Sehat Kelola Migas

24-11-2011 01:04:12 WIB

Mamuju (Phinisinews) - Pengusaha Sulawesi Barat diminta dapat berkompetisi secara sehat dalam mengelola blok migas yang segera akan dilakukan eksplorasi.

"Lima tahun ke depan migas di Sulbar yang masih dalam tahap ekplorasi akan segera dilakukan eksploitasi," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, Arsyad Hafid di Mamuju, Rabu.

Ia meminta agar pengusaha Sulbar mempersiapkan diri untuk tahapan ekploitasi itu dengan bersiap menjadi kontraktor di bidang migas.

"Pengusaha Sulbar harus siap berkompetisi secara sehat dalam memenangkan dan mengerjakan sejumlah proyek konstruksi di bidang migas yang segera akan dilakukan eksploitasi di Sulbar," katanya.

Karena menurutnya akan banyak kontraktor migas yang berasal dari luar Sulbar akan masuk ke Sulbar dalam rangka melakukan pekerjaan migas ketika benar benar migas Sulbar dieksploitasi.

"Tingkatkan daya saing dan profesionalisme agar dapat bersaing dengan sehat bersama dengan kontraktor dari luar," katanya.

Ia mengatakan, kontraktor yang bergerak di bidang migas di Sulbar harus berupaya memberikan kontribusi bagi pembangunan di daerah setelah migas Sulbar di tujuh blok yang dimilikinya di eksploitasi karena migas itu akan memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah.

"Manfaatkan migas sebagai kekayaan alam Sulbar untuk pembangunan daerah, karena setelah migas Sulbar diekploitasi, Sulbar akan disulap menjadi daerah maju di Indonesia dari segi perekonomian," katanya.

Sekda mengatakan, apabila migas Sulbar dikelola pengusahanya maka akan lahir masyarakat sejahtera baru di daerah ini.

Ia mengatakan, perusahaan migas di Sulbar yang sementara ini melakukan ekploitasi diantaranya PT Marathon Oil yang melakukan pengeboran migas di Blok Pasangkayu, PT Exxon Mobile di Blok Surumana Kabupaten Mamuju Utara kemudian PT Conoco Philips di Blok Kuma perbatasan Kabupaten Mamuju dan Mamuju Utara.

Kemudian, PT Stat Oil yang mengelola migas di Blok Kuma Karama Kabupaten Mamuju, Pearl Oil yang mengeksplorasi migas di blok Karama dan PT Exploration and Production di blok Malunda, serta PT Exploration and Production yang mengekplorasi migas di Blok South Mandar.

(Sumber: PhinisiNews/Ant)

http://www.phinisinews.com/read/2011/11/24/7511-pengusaha_sulbar_diminta_berkompetisi_sehat_kelola_migas

No comments:

Post a Comment