Sunday, August 25, 2013

Perusahaan Amerika, Harvest Resmi Kelola Blok Migas Budong-budong Mamuju Utara


RAKYAT SULSEL (Senin , 15/Juli/201)


Penulis : Enis
Editor : Azis Kuba

PASANGKAYU, RAKYATSULSEL.COM – Investor Minyak dan Gas (Migas) asal Amerika Serikat, Harvest Natural Resources LIc, resmi kelola migas di blok Budong-Budong, Desa Motu, Kecamatan Baras, Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Senin (15/7).

Sumur ekplorasi MJN-1 yang ditinggalkan perusahaan Tatelly N.V ini beroperasi di Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) Budong-Budong berdasarkan surat SKK Migas Nomor 0164/SKKO0000/2012/SO, tertanggal 25 Maret 2013, tentang operator WKP Budong-Budong yang dialihkan dari tatelly N.V ke Harvest Budong-Budong B.V.

Disela ekspose dan pembahasan soal UKL UPL di ruang pola kantor Bupati Matra, Senin sore (15/7), Bupati Matra H Agus Ambo Djiwa menuturkan, perusahaan pengelolaan migas di Matra pada prinsipnya
akan diberikan kemudahan untuk berinvestasi.

Menurutnya, soal migas adalah hal strategis yang sudah diatur oleh negara, sehingga daerah hanya sebatas memfasilitasi antara masyarakat dengan perusahaan. Adapun mengenai prioritas penggunaan tenaga kerja lokal, Agus mengatakan, hal itu tentu sudah dipikirkan dan dibicarakan, namun soal tenaga kerja lokal hanya sebatas profesi yang nonteknis.

“Kami sebagai pemerintah akan berikan kemudahan untuk berinvestasi,” janjinya.

Selanjutnya ia mengatakan, perusahaan bersama pemerintah akan terus melakukan sosialisasi
tentang dampak dan manfaat keberadaan perusahaan serta lingkungan. Olehnya itu kata Agus sangat diharapkan dukungan masyarakat, dimana migas adalah harapan untuk mendongkrak nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita harapkan migas di Matra dapat menaikkan PAD kedepan,” harapnya.

Hasil ekspose, tentang rencana Harvest melakukan action diperkirakan Januari tahun 2014 mendatang, dimana mobilisasi dan demobilisasi peralatan menggunakan dermaga Bonemanjeng Baras ke Desa
Motu. Namun sebelumnya, dermaga Bonemanjeng akan dilakukan perbaikan sesuai standar keamanan
dan keselamatan kerja.

Kegiatan tersebut, selain dihadiri langsung Bupati Matra H Agus Ambo Djiwa, juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara manager HR and General Afair Harvest B.V Johannes
Kurendeng dengan Kepala BLH Matra H Jamal dengan disaksikan Kepala BLH Provinsi Sulbar H Sarjan Lakki dan para kepala SKPD lingkup pemkab Matra.

No comments:

Post a Comment