Saturday, April 14, 2012

9 Blok Migas Modal Pembangunan Sulbar

Tuesday, 27 March 2012


MAMUJU-Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) adalah daerah termuda diantara 33 provinsi di Indonesia, namun daerah itu memiliki potensi kekayaan alam sangat melimpah khususnya potensi pertambangan migas.

“Sembilan blok migas itu masih dalam tahap eksplorasi oleh perusahaan terkemuka di dunia,” kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di Mamuju, baru-baru ini.Apa yang dimiliki itu lanjutnya, merupakan modal besar dalam percepatan pembangunan Sulbar. Menurutnya, sembilan perusahaan migas ini telah melakukan investasi untuk mencari titik migas,diantaranya,PT Exxon Mobile, Pearl Oil, Marathon International, Conoco Phlips, Statoil Hydro, Tatelly dan PTT Ep Thailand.

Perusahaan migas yang telah dianggap paling berhasil sekarang ini kata dia, adalah Pearl Oil yang melakukan pengeboran gas pada blok Sebuku di Pulau Lerek-Lerekang atau Pulau Lari-Larian.“Pearl Oil telah berhasil menemukan gas. Sekarang ini tinggal sedot untuk dipasarkan ke PT Pupuk Kaltim,” ujar Gubernur Subar dua periode ini optimistis. Ketua DPD I Golkar Sulbar ini mengatakan, blok-blok migas yang sementara dalam tahap eksplorasi ini tentu menjadi aset berharga yang patut disyukuri untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah.

“Tetesan migas ini tentu anugrah yang harus kita syukuri.Kita optimis percepatan pembangunan bisa diwujudkan apabila dalam waktu dekat blok-blok migas telah berproduksi,”ucapnya. Karena itu katanya, masyarakat Sulbar diharapkan tetap mendukung masuknya investasi untuk mempercepat pelaksanaanpembangunandidaerah. Pemprov tentu membuka diri bagi setiap investor yang hendak berinvestasidiSulbarsepanjang memenuhi aturan perundangundangan yang berlaku. ant

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/480864/

No comments:

Post a Comment