Saturday, April 14, 2012

DPRD Minta CSR Tambang Migas untuk Pendidikan







Jumat, 16 Maret 2012 23:57 WITA | Sulbar

Mamuju (ANTARA News) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Barat meminta program tanggung jawab sosial perusahaan atau "corporate social responsibility" dari perusahaan minyak dan gas yang melakukan ekplorasi diarahkan untuk pembangunan infrastruktur pendidikan.




` "Pihak perusahaan minyak dan gas (Migas) yang melakukan aktivitas pertambangan di sejumlah blok di Sulbar terutama perusahaan yang telah berhasil seperti Pearl Oil agar lebih mengarahkan program CSR untuk pendidikan masyarakat nelayan," kata Wakil Ketua DPRD Sulbar Arifin Nurdin di Mamuju, Jum'at.




Menurutnya, Pearl Oil merupakan perusahaan dari negara Uni Emirat Arab telah menemukan migas di blok sebuku dan hasilnya murni dibeli oleh perusahaan PT Pupuk Kaltim.




Karena itu, kata dia, dirinya berharap banyak agar program CSR yang akan dilaksanakan oleh perusahaan tambang muaranya untuk pengembangan pendidikan.




Ia mengatakan, data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar menyimpulkan bahwa angka putus sekolah tertinggi pada wilayah pesisir atau masyarakat nelayan.




Karena itu, kata dia, keberpihakan perusahaan untuk membangun infrastruktur pendidikan bagi masyarakat pesisir sangat dibutuhkan.




Apalagi, kata dia, keberadaan perusahaan tambang migas selama melakukan tahap survei hingga eksplorasi ini cukup mempengaruhi hasil tangkap nelayan.




"Masyarakat pesisir harus lebih banyak mendapatkan manfaat dari perusahaan tambang migas yang melakukan eksplorasi di perairan Sulbar,"kata dia.




Kepala ESDM Sulbar, Ir.Agus Salim Tamaodjoe, berjanji, akan mengusulkan kepada perusahaan migas untuk membangun infrastruktur pendidikan pada wilayah pesisir.




"Program CSR dari perusahaan Pear Oil segera dilaksanakan. Makanya, kami tunggu proposal dari organisasi kemasyarakatan atau pihak yayasan yang akan menjadi pelaksanaka kegiatan CSR," katanya.


(T.KR-ACO/N002)



COPYRIGHT © 2012





http://makassar.antaranews.com/berita/37302/dprd-minta-csr-tambang-migas-untuk-pendidikan

No comments:

Post a Comment