Saturday, April 14, 2012

Bupati : Mamuju Kaya dengan Potensi Tambang







Minggu, 01 April 2012 21:00 WITA | Sulbar

Mamuju (ANTARA News) - Bupati Mamuju, Sulawesi Barat, Drs H Suhardi Duka MM mengatakan, daerah Mamuju sangat kaya dengan potensi tambang yang tersebar pada beberapa kecamatan yang ada di wilayah itu.




"Kabupaten Mamuju memiliki segudang potensi kekayaan alam yang melimpah khususnya pada bidang pertambangan," kata Bupati Mamuju Suhardi Duka MM di Mamuju, Minggu.




Menurutnya, beberapa potensi tambang yang sementara dalam tahap eksplorasi diantaranya tambang minyak dan gas (Migas) oleh perusahaan asing yakni Conoco Philips, Marathon Internaional, Stat Oil dan PT Tately.




Selain itu kata dia, potensi tambang emas yang saat ini dikelola oleh PT Antam, potensi tambang Mangan, potensi tambang batubara dan berbagai jenis tambang lainnya.




"Semua potensi tambang tersebut masih dalam tahap eksplorasi sehingga belum bisa memberikan kontribusi positif bagi percepatan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat,"kata dia.




Jika nantinya ada diantara potensi tambang yang telah berproduksi kata Bupati, maka daerah ini akan mengalami geliat pembangunan yang luar biasa.




"Saat ini target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mamuju pada tahun anggaran 2012 di tetapkan sekitar Rp36 miliar. Ini tentu minim jika dibandingkan dengan PAD Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang mencapai sepuluh kali lipat dari PAD Mamuju," kata dia.




Namun demikian, kata Bupati, dirinya sangat bersyukur telah memiliki daerah yang kaya akan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.




"Kita harus bersyukur dengan adanya potensi SDA yang ada di Mamuju," ucapnya.




Selain potensi pertambangan yang melimpah kata Bupati, daerah itu juga memiliki potensi pada bidang pertanian, perkebunan dan kelautan.




Olehnya itu kata dia, pemkab Mamuju akan membuka diri jika sekiranya ada investor yang ingin memanfaatkan potensi alam sepanjang perusahaan itu memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.(T.KR-ACO/Y008)


COPYRIGHT © 2012





http://makassar.antaranews.com/berita/37696/bupati--mamuju-kaya-dengan-potensi-tambang

No comments:

Post a Comment