Tuesday, January 29, 2013

Wilayah Kerja ExxonMobil di Sulawesi Barat



Blok Surumana
Tahun 2006, ExxonMobil menandatangani Kontrak Bagi Hasil (Production Sharing Contract) untuk Blok Surumana yang terletak di Selat Makassar lepas-pantai Sulawesi. Petronas Carigali Sdn. Bhd. telah membeli 20 persen kepemilikan saham di blok ini. Dengan kedalaman air yang berkisar lebih dari 2.300 meter, menjadikan kegiatan eksplorasi pada blok laut-dalam ini penuh tantangan.

ExxonMobil telah berhasil menghimpun data seismik 2 dimensi sepanjang 3.300 kilometer pada tahun 2007 dan mengebor sumur pertama pada blok ini pada tahun 2009.


Blok Mandar

Awal tahun 2007, ExxonMobil menandatangani Kontrak Kerja Sama untuk Blok Mandar yang terletak di Selat Makassar. Petronas Carigali Sdn. Bhd. telah membeli 20 persen kepemilikan saham di blok ini.

Blok Mandar mencakup luasan 4.200 kilometer persegi , dan terletak di cekungan Makassar bagian Selatan, tepatnya di sebelah barat Kabupaten Polewali Mandar dan Majene, dengan kedala man air berkisar lebih dari 2.000 meter.

Pada bulan Februari 2008, ExxonMobil telah berhasil menghimpun data seismik 3 dimensi pada area seluas 1.725 kilometer persegi. ExxonMobil merupakan operator pertama yang menyelesaikan survey seismik 3 dimensi pada wilayah eksplorasi baru yang menjanjikan ini. ExxonMobil juga telah mengebor tiga sumur eksplorasi pada blok ini.

No comments:

Post a Comment