Tuesday, August 23, 2011

Mamuju Targetkan Investasi Rp5 Triliun 2015


09-05-2011 1
Mamuju (Phinisinews) - Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, menargetkan investasi yang masuk kedaerahnya sekitar Rp5 triliun hingga tahun 2015, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Bupati Mamuju Drs Suhardi Duka MM di Mamuju, Senin, mengatakan Pemerintah di Kabupaten Mamuju menargetkan dana investasi sebesar Rp1 triliun setiap tahun mulai tahun 2011.

Sehingga, kata dia, dalam lima tahun mendatang (2015) atau hingga kepemimpinannya sebagai Bupati Mamuju berakhir, investasi yang ditargetkan pemerintah di Mamuju mencapai Rp5 triliun.

Ia mengatakan, meskipun belum dikelola namun sumber daya alam yang ada di Mamuju cukup melimpah seperti di bidang pertanian, perikanan, peternakan dan pertambangan akan menjadi andalan untuk menarik investasi.

Menurut dia, sejumlah investor sudah berdatangan ke Mamuju, untuk mengelola sumber daya alam tersebut sehingga pemerintah di Mamuju sangat optimistis target investasi sekitar Rp5 triliun tersebut akan dicapai ditahun 2015 mendatang.

Apalagi, kata dia, sejumlah perusahaan asing sedang melakukan investasi dengan melakukan ekploitasi dan eksplorasi migas di Sulbar diantaranya PT Chonoco Phillips di Blok Kuma dan PT Stat Oil di blok Karama Kabupaten Mamuju yang sudah melakukan eksploitasi migas.

Sementara itu, PT Exon Mobil sudah melakukan eksplorasi di block Suremana dan block Mandar serta PT Marathon Indonesia di block Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara, selain itu, Pearl Oil mengeksplorasi migas di block Karama dan PT Exploration and Production di block Malunda, Kabupaten Majene, dan PT Exploration and Production yang mengekplorasi migas di block South Mandar.

Menurut dia, dengan adanya investasi itu maka diharapkan kontribusi investasi di Mamuju akan besar dan lapangan kerja bagi masyarakat di Mamuju juga dapat meningkat sehingga pendapatan masyarakat yang saat ini sekitar Rp9 juta pertahun juga dapat meningkat.

"Kita harapkan dengan investasi itu pertumbuhan ekonomi Sulbar yang masih sekitar sembilan persen pada tahun ini dapat meningkat begitu juga dengan kemiskinan yang saat ini mencapai sekitar delapan persen di Mamuju dapat mengalami penurunan," katanya.

(Sumber: PhinisiNews/Ant)

http://www.phinisinews.com/read/2011/5/9/2539-mamuju_targetkan_investasi_rp5_triliun_2015

No comments:

Post a Comment