Tuesday, August 23, 2011

Tately Garap Lahan Migas Di Mamuju


14-06-2011
Mamuju (Phinisinews)-Perusahaan Minyak dan Gas Tately NV memiliki lahan minyak dan gas yang ada di Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara Sulawesi Barat seluas 5900 kilometer persegi.

Senior Geocientist Tately NV, Farry Hakim, di Mamuju, Selasa, mengatakan, PT Tately NV memiliki lahan konsesi minyak dan gas (Migas) di kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara (Matra) sekitar 5900 kilometer persegi berdasarkan kontrak yang diberikan pemerintah Indonesia ditingkat pusat.

Ia mengatakan, perusahaan asing Tately NV pada tahun ini telah menggarap sekitar 600 kilometer persegi lahan konsesi migasnya dari keseluruhan lahan konsesi migasnya di Matra itu, untuk kebutuhan melakukan pengeboran migas.

"Lahan konsesi migas Tateli NV didaratan Kecamatan Sarudu Matra yang sudah digarap sekitar 600 kilometer persegi itu untuk kebutuhan melakukan pengeboran sebanyak satu sumur migas didalam perut bumi, untuk mencari migas,"katanya.

Menurut dia, dari pengeboran migas yang dilakukan itu TatelY NV hanya menemukan potensi gas pada kedalaman sekitar 727 meter dibawah perut bumi, namun gas tersebut tidak dapat dikelola Tately NV sehingga pengeboran disumur migas itu dihentikan sementara.

"Butuh anggaran besar dan teknologi canggih untuk mengelola gas di sumur yang disebut sumur LG 1 itu, sehingga pengeboran migas disumur itu dihentikan, apalagi pemasaran gas agak sulit dibandingkan minyak,"katanya.

Ferry Hakim mengatakan, Tately NV masih akan melanjutkan pengeboran migas disumur LG 1 itu untuk mencari minyak yang diperkirakan terdapat pada kedalaman 1618 meter dibawah perut bumi pada sumur itu.

"Rencana untuk melanjutkan pengeboran migas itu akan dilanjutkan pada tahun depan, untuk mencari minyak dan bukan lagi gas, karena diyakini minyak juga terdapat disumur itu,"katanya.

Menurut dia, Tately NV masih akan melakukan pengeboran migas di titik sumur lainnya yang telah ditentukan pada lahan konsesi migas Tately di kecamatan Sarudu.

"Masih akan dilakukan pengeboran migas sekitar dua sampai tiga sumur migas lainnya dilahan konsesi Tately NV di kecamatan Sarudu untuk mencari minyak, pada tahun depan,"katanya.

Ia berharap pada titik sumur lainnya minyak sudah ditemukan dikedalaman yang relatif mudah dijangkau di Kecamatan Sarudu yakni kurang dari 1000 meter dibawah perut bumi, agar hasilnya dapat segera di produksi

http://www.phinisinews.com/read/2011/6/14/3306-tately_garap_lahan_migas_di_mamuju

No comments:

Post a Comment