Tuesday, August 23, 2011

Tately Bangun Akses Jalan di Tommo


Minggu, 19 Juni 2011
Seputar Sulawesi.com - Kepala Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Barat, Ir Agussalim Tamadjoe, mengemukakan, kehadiran PT Tately memberikan manfaat kepada masyarakat karena telah membangun akses jalan di wilayah Kecamatan Tommo.

"Sebelum PT Tately melakukan pengeboran minyak dan gas (Migas), terlebih dahulu perusahaan membuka akses jalan dan jembatan. Pembangunan ini bukan hanya dinikmati perusahaan migas, tetapi juga bermanfaat langsung bagi petani kelapa sawit di daerah itu," kata Agussalim di Mamuju, Sabtu.

Karena itu, kata dia, kehadiran PT Tately yang telah melakukan tahap eksplorasi migas di block Budong-Budong tersebut hendaknya masyarakat memberikan apresiasi positif untuk kelancaran pencarian titik minyak atau gas di daerah itu.

"Kami minta masyarakat memberikan dukungan pelaksanaan kegiatan eksplorasi migas karena jalan yang dibangun telah memudahkan masyarakat menuju lokasi perkebunan mereka yang saat ini jauh lebih baik dari kondisi sebelumnya,"ungkapnya.

Ia mengemukakan, jalan yang dibangun oleh perusahaan mencapai lebih 10 kilometer membelah gunung dan membangun beberapa buah jembatan.

Dikatakannya, kehadiran perusahaan Tately sempat mendapat protes dari masyarakat karena beredarnya isu yang dilakukan oleh oknum yang tidak menghendaki hadirnya perusahaan ini.

"Jika terdapat permasalahan terkait pembebasan lahan atau perkara maka hal itu disampaikan kepada pemerintah tanpa harus menggangu aktifitas perusahaan," pintanya.

Pemerintah provinsi (Pemprov) maupun pusat kata dia, telah memberikan ijin untuk melakukan ekplorasi migas di Tommo.

Untuk itu, kata dia, masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan isu apa pun karena prinsipnya kehadiran perusahaan ini muaranya untuk kepentingan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sulbar.

"Bukan hanya akses jalan yang akan diperbaiki, namun perusahaan pun akan mengutamakan kepentingan masyarakat lokal baik tenaga kerja maupun lainnya," jelasnya.

Bahkan kata dia, jika tahap eksplorasi yang dilakukan PT Tately menemukan minyak atau gas maka jelas akan memberikan kontribusi besar bagi penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Agussalim menambahkan, kegiatan eksplorasi migas ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memastikan apakah perut bumi yang di bor itu terdapat kandungan migas atau tidak.

(1wn/ANt)

http://www.seputarsulawesi.com/news-4796-tatelybangunaksesjalanditommo.html

No comments:

Post a Comment