Saturday, August 20, 2011

Potensi Migas Kecamatan Tommo


Potensi Migas Tommo Lebih Besar dari Sarudu
Tim eksplorasi minyak dan gas di blok Budong-Budong, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, memperkirakan potensi Desa Tammejarra, Kecamatan Tommo lebih besar dibandingkan potensi yang ada di sumur KD-1 Sarudu, Mamuju Utara.

"Berdasarkan hasil survei seismic yang telah dilakukan sebelumnya potensi migas pada titik KD-1 di daerah Tommo memiliki kandungan yang melimpah," kata Operator Manager PT Tately NV Mr Mike Elis di Mamuju, Senin.

"Makanya, kami mencoba melakukan pengeboran ini yang tentunya diharapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana," ujarnya.

Dikatakan, penghentian pengeboran migas titik LG-1 di daerah Sarudu tidak dilanjutkan karena adanya tekanan kuat dari dasar perut bumi yang sangat beresiko apabila dipaksakan untuk diteruskan.

"Bukan berarti di titik LG I di Sarudu akan kami tinggalkan, namun kami harus melakukan evaluasi secara mendalam lalu kembali melakukan pengeboran di daerah Sarudu pada titik yang berbeda,"kata dia.

Ia mengemukakan, saat ini perusahaannya kembali berusaha mencari migas pada titik KD-1 sekitar 100 kilometer dari kota Mamuju dengan membutuhkan waktu minimal kurang lebih satu tahun.

Mike Elis menyampaikan, rencana pengeboran akan berlangsung selama dua bulan dengan kedalaman 3.000 meter dari permukaan. Namun, jika dalam pelaksanaannya ditemukan gas dan minyak bumi dan kedalamannya belum mencapai 3.000 meter, maka pengeboran akan dihentikan untuk dilakukan analisa data.

"Titik yang sementara di bor baik pada titik KD-1 di daerah Sarudu, Mamuju Utara maupun titik pengeboran di LG-1 di Tommo, Mamuju semuanya akan dilakukan evaluasi untuk menentukan titik mana yang paling pas untuk dilakukan eksplorasi,"ungkapnya.

Namun demikian, kata dia, potensi yang ada di Tommo berpeluang besar menghasilkan minyak bumi atau gas karena sepanjang bantaran sungai Karama memiliki ciri-ciri pendukung adanya kandungan yang ada di perut bumi tersebut.

Mike Elis juga menuturkan, proses pengeboran yang baru saja dilakukan di daerah Tommo sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah setempat termasuk masyarakat lokal agar apa yang dilakukan oleh Tately membuahkan hasil sesuai apa yang diharapkan semua pihak pemerintah dan masyarakat.

"Perusahaan akan tetap memberdayakan potensi lokal baik rekruitmen tenaga kerja maupun perusahaan lokal yang nantinya akan bermitra dengan kami sepanjang perusahaan ini benar-benar mampu menjalankan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab," katanya. (ANTARA News)

http://www.mamujukab.go.id/forum/200-potensi-migas-tommo.html

No comments:

Post a Comment