Sunday, August 21, 2011

Pemprov Dorong Investasi Masuk ke Sulbar



MAMUJU--MICOM: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan penjajakan dengan calon investor asing maupun investor dalam negeri guna mendorong investasi masuk ke provinsi termuda di Indonesia itu.

"Sulbar memiliki sejuta peluang bagi investor, Pemprov tidak akan pernah mempersulit investor masuk ke Sulbar sepanjang usaha itu memberikan keuntungan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Minggu (17/7).

Menurutnya, daerah Sulbar akan bisa berkembang cepat dan keluar dari ketertinggalan serta keterisolasian apabila investasi masuk. Tanpa investasi, daerah ini akan stagnan dari percepatan pembangunan.

Negara bisa berkembang kata dia, apabila ditopang majunya dunia usaha, karena tanpa iklim usaha yang baik maka daerah tersebut akan tetap berkutat pada titik nol.

"Tidak akan mungkin daerah itu mengalami kemajuan apabila dunia usaha tidak berkembang, apalagi di Sulbar yang masih minim pendapatan asli daerah (PAD) masih sangat membutuhkan keterlibatan dunia usaha," ungkapnya.

Anwar menjelaskan Sulbar memiliki segudang potensi kekayaan alam sangat melimpah, namun belum tergarap secara maksimal karena masih dalam tahap eksplorasi oleh investor asing seperti tahap ekplorasi minyak dan gas (migas) pada sembilan titik.

"Kami berharap kandungan migas yang ada di perut bumi itu bisa menghasilkan tetesan minyak atau gas. Jika itu menuai hasil maksimal, pemprov tidak akan lagi mengharapkan dukungan anggaran pusat karena daerah ini mampu hidup mandiri," terangnya.

Bukan hanya itu, kata dia, daerah ini juga memiliki potensi untuk energi listrik melalui rencana Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Karama akan dibangun oleh investor China. (Ant/OL-10)

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/07/07/242623/290/101/Pemprov-Dorong-Investasi-Masuk-ke-Sulbar

No comments:

Post a Comment