Thursday, July 12, 2012

Dirjen KP3K Nyatakan Lereklerekang Milik Sulbar

RADAR SULBAR 11/07/2012


JAKARTA — Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP3K-KKP), Sudirman Saad, menyatakan Pulau Lereklerekang masih milik Provinsi Sulbar.


Penegasan ini disampaikan, Selasa, 10 Juli, dihadapan warga Sulbar dan Pengurus Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB). Polemik antara Sulbar dan tetangganya, Kalimantan Selatan yang memperkarakan pulau itu, kata Sudirman, harus segera berakhir. Ia pun membeberkan beberapa poin penting yang dapat dilakukan Pemda guna menegaskan pulau tersebut masih menjadi milik Sulbar. “Masalah itu tidak boleh berlarut-larut,” sebut Sudirman, di kantornya.


Sudirman Saad

Keberadaan Pulau Lereklerekang sebagai wilayah Majene Sulbar juga tercantum dalam direktori pulau-pulau kecil Indonesia. Dalam website Direktorat Pemberdayaan Pulau-pulau Kecil itu, tercantum bahwa Lereklerekang berada di Kecamatan Sendana Majene Sulbar. Lebih jauh disampaikan bahwa dalam rangka menghindari berbagai permasalahan menyangkut kedaulatan wilayah RI, pihaknya akan segera mendaftarkan pulau-pulau kecil milik Indonesia. ”Daftar pulau-pulau kecil Indonesia akan dibawa ke New York untuk didaftarkan di PBB, termasuk Lereklerekang Sulbar,” tegas Sudirman.


Terkait polemik ini, pemerintah Sulbar telah meminta kesediaan pengacara nasional Yusril Ihza Mahendra untuk membantu menegaskan kepemilikan Pulau itu dalam wilayah Kabupaten Majene Sulbar. Langkah ini dilakukan menyikapi putusan Mahkamah Agung (MA) yang telah memenangkan gugatan Kalsel atas Permendagri 43 tahun 2011 tentang penetapan Pulau Lereklerekang ke dalam wilayah Kabupaten Majene Sulbar. Yusril sendiri telah menyampaikan kesediaan untuk mengawal sengketa Lereklerekang melalui jalur hukum yang memang telah diatur dalam undang-undang.


Saat menerima tim dari DPRD Sulbar, Yusril sempat memberi gambaran mengenai langkah-langkah apa saja yang dapat ditempuh oleh Pemprov Sulbar. ”Nantilah kita sampaikan sarannya. Pertimbangan-pertimbangannya akan kami sampaikan,” cetus Yusril kepada para wakil rakyat Sulbar. (rul)

No comments:

Post a Comment