Monday, July 2, 2012

Salim Mengga : Lereklerekan Bukan Cuma Masalah Majene

Selasa, 19 Juni 2012 20:21 WITA | Sulbar


Majene, Sulbar (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR RI Salim S Mengga, mengatakan, sengketa Pulau Lereklerekan antara Kabupaten Majene, Sulawesi Barat dengan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, bukan semata masalah bagi Majene, tetapi seluruh kabupaten di Sulbar dianggap memiliki kepentingan.


Salim S Mengga

"Lereklerekan harus menjadi masalah bersama bagi seluruh kabupaten di Sulbar. Bahkan, Pemprov Sulbar memiliki andil besar terhadap kasus ini karena menyangkut batas kewilayahan antar provinsi," ujar Salim di Majene, Selasa.

Dia mengaku memberi apresiasi yang cukup besar atas upaya yang dilakukan oleh warga maupun Pemkab Majene dalam mempertahankan Lereklerekan selama ini. Namun, dia juga berharap upaya yang sama harus dilakukan oleh warga maupun pemerintah di kabupaten lain.

Bahkan, Salim mengharapkan upaya lebih maksimal seharusnya dilakukan Pemprov Sulbar sebab jika menyangkut batas kewilayahan peran lebih besar harus dilakukan oleh provinsi meskipun kawasan pulau tersebut berbatasan langsung dengan Majene.

"Bukan hanya pemerintah yang harus berupaya agar Lereklerekan kembali ditetapkan sebagai miliki Majene, warga juga harus memberikan dukungan besar sebab akan mendapat keuntungan jika pulau tersebut kembali dikuasai Sulbar," lanjutnya.

Tidak tanggung-tanggung, keuntungan yang bisa diterima daerah jika kandungan gas yang terdapat di pulau itu sudah digarap berproduksi. Bukan hanya warga Majene yang akan mendapatkan keuntungan melainkan seluruh warga di Sulbar juga bisa menikmatinya melalui bagi hasil yang diterima provinsi.

Terkait hal tersebut, sebagai anggota DPR RI, dia menyatakan dukungannya untuk melakukan upaya politik kepada pemerintah pusat agar tetap menjadikan Lereklerekan sebagai kawasan administrasi Majene maupun Sulbar.

"Sebagai anggota DPR dan secara peribadi saya mendukung Majene maupun Sulbar untuk mempertahankan kepemilikan Lereklerekan agar tetap berada dalamwilayah administrasi Majene," ucap Ketua Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKSB) itu. (T.KR-AHN//S016)

COPYRIGHT © 2012

No comments:

Post a Comment