Monday, July 2, 2012

Penegasan Status Lerelerekang Dishidro TNI AL Siap Bersaksi

RADAR SULBAR 13/06/2012 0



Mempertegas kepemilikan Pulau Lereklerekang, Dinas Hidrologi (Dishidro) TNI AL menyatakan siap bersaksi jika dibutuhkan. DishidroTNI AL menegaskan, pulau yang dimasukkan pada kawasan Blok Sebuku itu merupakan wilayah Sulbar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Catatan Sipil Pemprov Sulbar, Khaeruddin Anas, kepada Radar Sulbar, Selasa 12 Juni. Menurut Khaeruddin, Dishidro TNI AL adalah pembuat peta wilayah yang pada tahun 1992 telah menetapkan dalam peta bahwa wilayah Lereklerekang masih masuk Sulsel pada saat itu.

 
Khaeruddin Anas 

“Peta tahun 1992 merupakan peta terakhir yang dibuat, dan pada saat itu Sulbar belum ada jadi wilayah Lereklerekang masih disebut sebagai Lari-lariang. Nanti pada tahun 2008 yang pada saat itu dilakukan pemetaan rupa bumi baru diganti namanya menjadi Pulau Lereklerekang dimana pulau itu merupakan wilayah Majene Sulbar,” ujar Khaeruddin.

Ditegaskan, tidak pernah ada perubahan batas wilayah antara Sulsel dan Kalsel sehingga pada saat Sulbar terbentuk dan semua batas kabupaten di Sulbar yang saat itu masih menjadi bagian Sulsel menjadi batas wilayah Sulbar.

No comments:

Post a Comment