Monday, September 24, 2012

38 Pengusaha Asing Berinvestasi di Sulbar


Mamuju (ANTARA News) - Investasi yang masuk ke Provinsi Sulawesi Barat sekarang ini semakin membaik yang ditandai dengan hadirnya 38 pengusaha asing yang telah menanamkan modalnya di Sulbar.


Kepala Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SIPISE) Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulbar, Ir Surung Katta di Mamuju, Sabtu, mengatakan iklim investasi di Sulbar dari tahun ke tahun mengalami perkembangan. Terbukti dari realisasi pencapaian Penanaman Modal Asing (PMA) hingga akhir tahun 2011 tumbuh menjadi Rp570 miliar.


Ir Surung Katta

Menurutnya, peningkatan investasi pengusaha asing pada tahun 2011 mengalami pertumbuhan luar biasa apabila dibandingkan jumlah investasi tahun 2010 yang capainnya hanya sekitar Rp36 miliar lebih.

"Realisasi PMA dalam waktu setahun telah mengalami peningkatan yang sangat drastis. Ini pertanda bahwa provinsi terbungsu ini semakin diminati pengusaha luar negeri untuk ikut menanamkan modalnya di Sulbar," ujar Surung.

Ia mengatakan, dari 38 perusahaan asing yang telah menanamkan modalnya di Sulbar ini juga telah mampu menyerap tenaga kerja sekitar 179 orang.

"Jumlah tenaga kerja yang terserap memang belum begitu banyak. Meski begitu, hadirnya investasi asing ini akan meemberikan kontribusi positif terhadap pelaksanaan pembangunan di Sulbar," ucapnya.

Dia memprediksi, realisasi PMA untuk tahun 2012 akan semakin meningkat seiring dengan banyaknya pengusaha luar yang telah melakukan kegiatan eksplorasi migas di perairan Sulbar.

"Investasi asing di Sulbar pasti akan semakin kondusif dan ini memang telah menjadi target utama dalam pemerintahan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh yang menghendaki adanya perbaikan iklim investasi," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, Pemprov Sulbar berupaya mendorong agar investor asing melakukan investasi pembangunan di provinsi terbungsu ini.

"Provinsi ini akan maju apabila iklim investasi kondusif. Makanya, pemerintah akan melakukan berbagai upaya agar investor luar ikut menanamkan modalnya untuk pengelolaan di berbagai sektor, termasuk sektor pertambangan maupun sektor lainnya," ucapnya. (T.KR-ACO/F003)
COPYRIGHT © 2012

No comments:

Post a Comment