Monday, September 10, 2012

Lapangan Ruby Siap Alirkan Gas di 2013


Pebrianto Eko Wicaksono - Okezone
Jum'at, 7 September 2012 10:57 wib
Ilustrasi: Corbis
Ilustrasi: Corbis


JAKARTA - Badan Pelaksana kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) memastikan Lapangan Ruby di Blok Sebuku ditargetkan mulai mengalirkan gas bumi pada September 2013. Operator dari blok tersebut adalah Pearl Oil (Sebuku) Ltd.

epala Perwakilan BP Migas Wilayah Kalimantan-Sulawesi Ngatijan mengatakan Pearl Oil segera melaksanakan gelaran pipa sepanjang 300 kilometer dari fasilitas produksi Lapangan Ruby ke Lapangan Senipah yang dikelola Total E&P Indonesia di Kalimantan Timur.

"Penggelaran pipa rencananya dimulai 20 September mendatang," kata Ngatijan dikutip dari laman resmi BP Migas, Jumat (7/9/2012).

BP Migas-Kajati Kaltim Kerja Sama Penanganan Hukum
Ngatijan

Menurut Ngatijan, produksi awal Lapangan Ruby diperkirakan sebesar 100 juta kaki kubik gas bumi per hari dan rencananya seluruh produksi digunakan untuk kepentingan domestik yakni pupuk di Kalimantan Timur.

"Proyek tersebut termasuk dalam lapangan marjinal dengan perkiraan produksi selama 10 tahun," ungkap Ngatijan.

Pemerintah Kota Balikpapan, ditambahkannya, memberikan dukungan terhadap kegiatan yang akan dilakukannya. Namun karena penggelaran pipa akan mengganggu kegiatan penangkapan ikan nelayan, Pemda akan membantu koordinasi dengan nelayan.

"Disarankan sebelum penggelaran dilakukan proses inventarisasi alat tangkap ikan di sekitar jalur pipa dengan melibatkan instansi terkait seperti Polda Kaltim, Lanal Balikpapan, dan Perwakilan Nelayan," tutup Ngatijan. (gna)

(rhs)

No comments:

Post a Comment