Monday, September 17, 2012

Lima Perusahaan Asing di Matra Eksplorasi Migas


Minggu, 16 September 2012 22:54 WITA | Sulbar



Mamuju (ANTARA News) - Lima perusahaan asing yang beroperasi di Kabupaten Mamuju Utara (Matra) Sulawesi Barat, dinyatakan masih aktif beroperasi melakukan eksplorasi tambang minyak dan gas di wilayah itu.

Kepala Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SIPISE) Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BPMD) Sulbar, Surung Katta di Mamuju, Minggu mengatakan hingga kini lima perusahaan berlabel internasional itu dianggap masih aktif melakukan pencarian minyak di kota ujung utara Sulbar.


 Surung Katta

"Tidak benar jika ada anggapan bahwa ada diantara perusahaan asing ini berhenti melakukan pencarian minyak," kata dia.

Menurut dia lima perusahaan asing yang melakukan investasi itu diantaranya PT Exxon Mobile asal Amerika Serikat, masih aktif melakukan eksplorasi dengan total investasi mencapai Rp54,4 miliar, PT Maraton International asal Amerika Serikat juga masih melakukan tahap eksplorasi dengan nilai investasi Rp48,07 miliar.

Kemudian kata dia, PT Connoco Philips Oil asal Canada juga masih aktif melakukan eksplorasi dengan nilai investasi tidak kurang dari Rp51,86 miliar, PT Tattely TGS Novec Gematera asal negara Belanda sedang melakukan survey sissmik 3 D dengan total investasi Rp55,96 miliar dan terakhir PT Stat Oil Asa Norwegia dan Pertamina juga dianggap aktif melakukan tahap eksplorasi dengan nilai investasi Rp43,87 miliar.

"Lima perusahaan asing yang mengelola tambang migas di Matra ini telah mennaamkan modalnya tidak kurang Rp254,160 miliar unutk kepentingan eksplorasi,"katanya.

Ia menuturkan membaiknya iklim investasi baik PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) maupun PMA (Penanaman Modal Asing) ini dipicu akibat pembangunan infrastruktur jalan nasional yang semakin membaik.

Bukan hanya itu, termasuk optimalnya aktiivitas penerbangan di bandara Tampapadang Mamuju, memicu para pemodal semakin bergairah untuk melakukan invetsasi di provinsi terbungsu ini.

Karena itu kata Surung Katta, kegiatan eksplorasi tambang migas di Matra ini membuahkan hasil untuk mendukung peningkatan sektor PAD untuk kemakmuran rakyat di Sulbar. (T.KR-ACO/B/Z003/Z003) 16-09-2012 21:57:48




COPYRIGHT © 2012

No comments:

Post a Comment