Wednesday, November 9, 2011

Gubernur : Pulau Lari-Lariang Milik Sulbar



Senin, 07 November 2011

Mamuju (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh menilai bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dianggap berusaha mencaplok pulau Lari-Lariang di Kabupaten Majene yang jelas-jelas milik Sulbar.

"Kalsel tampaknya berusaha mencaplok wilayah Sulbar dengan mengklaim dan berupaya merebut pulau Lari-Lariang yang masuk dalam wilayah Provinsi Sulbar," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, Pulau Lari-Lariang merupakan salah satu pulau yang berada di perairan Sulawesi dan masuk dalam wilayah Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Menurut dia, Pulau Lari-Lariang masuk dalam wilayah Kabupaten Majene sesuai pengakuan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Oleh karena, katanya, klaim Pemprov Kalsel bahwa Pulau Lari-Lariang masuk dalam wilayah Pulau Sebuku di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalsel tidak beralasan karena tidak melalui legitimasi aturan yang jelas.

"Jadi pemerintah di Provinsi Kalsel sebaiknya menghentikan upayanya untuk merebut pulau Lari-Lariang yang sudah sangat jelas masuk dalam wilayah Sulbar sesuai aturan yang ada," katanya.

Ia juga meminta masyarakat Kota Baru berhenti berdemonstrasi untuk merebut pulau Lari-Lariang karena masyarakat Sulbar juga bisa melakukan hal serupa untuk mempertahankan pulau Lari-Lariang yang menjadi wilayahnya.

"Masyarakat Sulbar akan mempertahankan Pulau Lari-Lariang agar tidak direbut Kalsel karena Pulau Lari-Lariang adalah milik Sulbar," katanya.

Gubernur Sulbar Anwar Adnan menuding ada upaya dari pemerintah di Kalsel merebut Pulau Lari-Lariang karena daerah itu memiliki potensi gas alam yang besar tetapi pemerintah di Sulbar juga tidak akan rela dan akan mempertahankannya karena itu wilayahnya.

"Masyarakat Sulbar tidak akan rela wilayahnya direbut daerah lain apalagi posisi wilayahnya itu sangat jelas berada di wilayah Sulbar," katanya. (T.KR-MFH/R007)
COPYRIGHT © 2011
http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/33626/gubernur--pulau-lari-lariang-milik-sulbar

No comments:

Post a Comment