Monday, June 18, 2012

Pemkab Agendakan Aksi Besar-besaran

Jumat, 08 Juni 2012 | 19:23:25 WITA | 200 HITS

Pertahankan Pulau Lerek-lerekang 


MAJENE, FAJAR -- Berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Majene untuk mempertahankan Pulau Lerek-lerekang yang ingin direbut Provinsi Kalsel. Salah satunya dengan menggelar demo besar-besaran.

Sesuai dengan hasil rekomendasi rapat koordinasi yang dilakukan Pemkab Majene, tim advokasi Pulau Lerek-lerekang, organisasi kepemudaan dan mahasiswa disepakati pelaksanaan aksi unjuk rasa besar-besaran untuk menggalang dukungan mempertahankan Pulau Lerek-lerekang digelar Rabu, 13 Juni nanti.

Aksi tersebut akan melibatkan masyarakat Kabupaten Majene. Tidak hanya itu, pejabat Pemkab Majene bahkan diimbau ikut serta dalam barisan, termasuk Bupati Majene, Kalma Katta.

Selain berorasi, rencananya dilakukan longmarch dari Kecamatan Banggae hingga ke Gedung Assamaluwuang, Majene yang akan menjadi tempat pusat aksi.

Selain di Majene, aksi unjuk rasa juga diwacanakan digelar di Jakarta. Tim advokasi bidang politik diberi keleluasaan untuk berkoordinasi dengan masyarakat Mandar di Jakarta. Aksi di Jakarta bertujuan mem-pressure Kemdagri agar mempercepat gugatan atas keputusan Mahkamah Agung (MA).

"Kami akan mendatangi instansi terkait termasuk akan menduduki Kemdagri," ujar Ketua Tim Advokasi Pulau Lerek-lerekang Bidang Politik, Rusbi Hamid, Kamis, 7 Juni.

Terpisah, Bupati Majene, Kalma Katta mengaku telah menyiapkan ratusan baju yang bertuliskan mempertahankan Pulau Lerek-lerekang di Jakarta. "Kami selaku pemerintah sangat mengapresiasi semua dukungan yang mengalir. Pemkab juga akan merespons masukan-masukan yang penting untuk dilakukan," tutur Kalma.

Gelombang dukungan untuk mempertahankan Pulau Lerek-lerekang dalam bentuk demonstrasi terus berdatangan. HMI cabang Majene juga menyatakan kesiapannya ikut bergabung dalam barisan demonstrasi mempertahankan kedaulatan teritorial daerah Kabupaten Majene. (far/ars)

No comments:

Post a Comment