Monday, June 18, 2012

Sulbar Mulai Sosialisasi Penghematan BBM









Jumat, 15 Juni 2012 09:10 WITA | Sulbar


Mamuju (ANTARA News)- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mulai melakukan sosialisasi penghematan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) kepada seluruh lapisan pemerintah dan masyarakatnya.





Kabag Humas Pemprov Sulbar, Muhammad Salil, di Mamuju, Kamis, mengatakan, Pemerintah di Sulbar mulai melakukan sosialisasi penghematan penggunaan BBM untuk menindaklanjuti kebijakan Presiden Republik Indonesia tanggal 29 Mei tahun 2012 tentang penghematan BBM.





Ia mengatakan, penghematan BBM di Sulbar akan dimulai dengan melakukan pengendalian sistem distribusi BBM di setiap SPBU dengan memanfaatkan teknologi informasi.





"Setiap kendaraan akan didata secara elektronik, baik data kepemilikan pribadi maupun data fisik kendaraan sehingga dapat diketahui jumlah pengisian BBM setiap hari, setiap minggu dan bulan, guna mencegah terjadinya penyimpangan penggunaan BBM yang dapat merugikan negara," katanya.





Menurut dia, sosialisasi lainnya yang dilakukan pemerintah di Sulbar yakni dengan melakukan pelarangan BBM bersubsidi untuk kendaraan pemerintah baik pusat maupun daerah juga BUMN dan BUMD.





Selain itu, kata dia, pihaknya pun melakukan pelarangan penggunaan BBM bersubsidi bagi kendaraan milik perusahaan perkebunan dan pertambangan.





Salil mengatakan, penghematan BBM yang disosialisasikan lainnya adalah penghematan penggunaan listrik dan air di kantor pemerintah, pemerintah daerah, BUMD dan BUMD serta penghematan lampu penerangan jalan.





Menurut dia, pemerintah di tingkat pusat hanya meminta kepada daerah di Pulau Jawa seperti DKI Jakarta, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi untuk melakukan penghematan BBM mulai Juni tahun 2012



Namun, kata dia, karena Pemerintah di Sulbar berupaya mendukung kebijakan pemerintah di tingkat pusat, maka kebijakan penghematan BBM juga sudah mulai dilakukan pemerintah yang ada di Sulbar.

"Pemerintah di Sulbar mengikuti kebijakan pemerintah di tingkat pusat dengan mulai melakukan sosialisasi penghematan BBM kepada masyarakatnya, agar ketersediaan BBM tetap mencukupi kebutuhan masyarakat di tanah air,"katanya. (T.KR-MFH/H

No comments:

Post a Comment