Monday, June 18, 2012

Ribuan Masyarakat Majene Unjuk Rasa Pertahankan Lere-Lerekang










Kamis, 14 Juni 2012 05:51 WITA | Sulbar


Mamuju (ANTARA News) - Ribuan masyarakat di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka mempertahankan pulau Lere-Lerekang yang terus berupaya direbut Pemerintah Kalimantan Selatan (Kalsel).





Aksi ribuan masyarakat Majene itu dilakukan dengan melakukan aksi berjalan kaki sambil berorasi dari Mesjid Raya Kabupaten Majene yang terletak di Lingkungan Passanggarahan menuju kantor DPRD Kabupaten Majene, Rabu.





Masyararakat Majene itu dalam tuntutannya menyatakan menolak putusan Mahkamah Agung yang membatalkan Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 43 tahun 2011, yang menyatakan pulau Lere-Lerekang yang terletak di perairan Sulawesi adalah milik Kabupaten Majene Provinsi Sulbar.





"Kami meminta agar putusan MA yang membatalkan Permendagri Nomor 43 tahun 2011 dan menyatakan, Pulau Lere-Lerekang adalah milik Pemerintah Kabupaten Kota Baru Provinsi Kalsel, segera dicabut," kata ketua tim advokasi politik Lere-Lerekang Kabupaten Majene Rusbi Hamid.





Karena menurut dia, pulau Lere-Lerekang adalah milik Kabupaten Majene, sesuai yang ditetapkan dalam batas wilayah Provinsi Sulbar ketika dimekarkan dari Provinsi Sulawesi Selatan dan ketika Provinsi Sulawesi Selatan masih menyatu dengan Provinsi Sulbar sebelum dimekarkan.





"Lere-Lerekang adalah wilayah Provinsi Sulsel dan masuk dalam Kabupaten Majene, sehingga setelah Sulbar dimekarkan dari Provinsi Sulsel, maka secara otomatis Lere-Lerekang adalah wilayah Majene secara defenitif,"kata Rusbi Hamid yang juga anggota DPRD Majene.





Oleh karena itu ia meminta agar Kementrian Dalam Negeri segera melakukan peninjauan kembali terhadap putusan MA yang mengabulkan gugatan Pemerintah Kalsel terhadap Permendagri Nomor 43 tahun 2011.





Ia mengatakan, masyarakat di Majene tidak akan rela pulau yang menjadi hak daerahnya dicaplok begitu saja oleh Pemerintah Kalsel.


"Kami akan pertahankan Lere-Lerekang yang direbut Pemerintah Kalsel sampai titik darah penghabisan itu adalah harga mati,"katanya.





Aksi masyarakat Majene yang turut dihadiri Bupati Majene, Kalma Katta itu juga diwarnai dengan aksi jempol darah, bahkan Bupati Majene sendiri ikut melakukan jempol darah sebagai bentuk keseriusan Pemerintah di Majene mempertahankan pulau Lere-Lerekang.





"Aksi jempol darah ini, adalah bentuk keseriusan Pemkab Majene mempertahankan pulau Lere-Lerekang," kata Kalma Katta.





Usai melakukan aksinya yang berjalan damai ribuan masyarakat Majene kemudian bubar dengan tertib.


(T.KR-MFH/D009)


COPYRIGHT © 2012

No comments:

Post a Comment