Sunday, May 20, 2012

Mahasiswa Dukung Pemkab Majene Pertahankan Lerek-Lerekan


Kota Majene



Rabu, 16 Mei 2012 05:32 WITA | Sulbar


Majene, Sulbar (ANTARA News) - Sejumlah kelompok mahasiswa di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, menyatakan dukungan agar pemerintah kabupaten setempat mempertahankan Pulau Lerek-lerekan tetap berada di wilayah Majene.





Dukungan itu mereaksi pernyataan Ketua DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan bahwa Pulau Lerek-lerekan dialihkan ke Kotabaru berdasarkan hasil uji materi Mahkamah Agung (MA) tentang Permendagri Nomor 43 Tahun 2011.





Ketua Himpinan Fakultas Hukum Universitas Sulawesi Barat, Wahyu di Majene, mengatakan Permendagri Nomor 43 Tahun 2011 merupakan bukti nyata pemerintah pusat mengeluarkan keputusan untuk menjadikan Lerek-lerekan sebagai bagian dari Majene.





"Saya rasa keputusan MA untuk menyetujui uji meteri Pemkab Kotabaru merupakan kekeliruan sebab Permendagri merupakan keputusan yang telah melalui beberapa langkah, baik langkah hukum, sosial, politik, maupun tinjauan kebudayaan dan kesejarahan sebelum peraturan itu ditetapkan," tegasnya.





Dia berharap pernyataan Pemkab Kotabaru terkait kepemilikan Lerek-lerekan belum merupakan keputusan hukum tetap, sejumlah mahasiswa tetap mendukung agar pulau yang telah menjadi sejarah nenek moyang warga Majene dan Sulbar tetap dipertahankan dalam kawasan Majene.





Senada dengan Wahyu, Ketua PMII Majene juga menyatakan dukungannya kepada Pemkab Majene agar pulau tersebut tidak sampai lepas dari Majene. Sangat banyak bukti sejarah yang membuktikan pulau itu telah menjadi persinggahan sejumlah nelayan Majene.





"Selama ini, kita kenal sejarah pelaut Majene yang sudah malang melintang di berbagai pulau di Indonesia, bahkan telah mendatangi beberapa negara hanya dengan menggunakan perahu tradisioanal. Sementara, kita ketahui sejarah maritim Kotabaru tidak begitu menonjol dibanding Majene," jelasnya.





Dukungan yang sama dari Ketua Lembaga Studi Untuk Perubahan (LSUP) Majene, Suaib. Dia mengaku, meskipun secara geografis pulau tersebut lebih dekat dengan Pulau Kalimantan, namun pulau itu sudah sejak lama ditemukan oleh para nelayan dari Sulbar.





Selain kelompok tersebut, sejumlah kelompok mahasiswa dan kepemudaan lainnya menyatakan dukungan serupa kepada Pemkab Majene dan Pemprov Sulbar untuk tetap menguasai pulai tersebut sebagai warisan nenek moyang Sulbar. (T.KR-AHN/A013)


COPYRIGHT © 2012






http://makassar.antaranews.com/berita/38869/mahasiswa-dukung-pemkab-majene-pertahankan-lerek-lerekan

No comments:

Post a Comment