Sunday, May 6, 2012

Tately Kembali Bor Migas di Mamuju Utara



Selasa, 17 April 2012 14:07 WITA









Mamuju (ANTARA News) - Seuah perusahaan asing, Tately NV akan kembali melakukan pengeboran minyak dan gas (Migas) di Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, pada Juni 2012.




Administrator PT Tately NV Misniah di Mamuju, Selasa mengatakan, pada Juni 2012 PT Tately NV kembali akan melakukan pengeboran migas lanjutan di Kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara dalam rangka melakukan eksplorasi migas pada sumur yang disebut LG1 di Kecamatan Sarudu, untuk mencari minyak pada kedalaman sekitar 1.618 meter di bawah perut bumi.




"Pengeboran lanjutan tersebut untuk mencari minyak karena sebelumnya pada pengeboran pertama PT Tately NV baru menemukan gas," katanya.




Perusahaan itu memiliki lahan konsesi migas di kecamatan Sarudu Kabupaten Mamuju Utara sekitar 5.900 kilometer persegi, berdasarkan kontrak yang diberikan pemerintah Indonesia di tingkat pusat.




Ia mengatakan, perusahaan asing itu pada tahun ini telah menggarap sekitar 600 kilometer persegi lahan konsesi migasnya pada sumur LG 1, dari keseluruhan lahan konsesi migasnya di kawasan itu.




"Lahan konsesi migas di daratan Kecamatan Sarudu Matra sudah digarap sekitar 600 kilometer persegi untuk melakukan pengeboran sumur LG 1," katanya.




Pada pengeboran migas sebelumnya hanya menemukan potensi gas pada kedalaman sekitar 727 meter di bawah perut bumi, namun gas tersebut tidak dapat dikelola sehingga pengeboran di sumur migas itu dihentikan sementara dan baru kemudian dilanjutkan pada Juni 2012 untuk mencari minyak.




"Butuh anggaran besar dan teknologi canggih untuk mengelola gas yang ditemukan sebelumnya, sehingga pengeboran migas di sumur itu dihentikan, apalagi pemasaran gas agak sulit dibandingkan minyak," katanya.




Perusahaan itu masih memiliki sumur migas lainnya di Kecamatan Sarudu. "Masih akan dilakukan pengeboran migas sekitar dua sampai tiga sumur migas lainnya di lahan konsesi Tately NV di kecamatan Sarudu untuk mencari minyak, pada tahun depan,"katanya.




Ia berharap pada titik sumur lainnya minyak sudah ditemukan di kedalaman yang relatif mudah dijangkau di Kecamatan Sarudu yakni kurang dari 1.000 meter di bawah perut bumi, agar hasilnya dapat segera diproduksi.

(T.KR-MFH/S004)




http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/38085/tately-kembali-bor-migas-di-mamuju-utara

No comments:

Post a Comment