Sunday, May 20, 2012

Pemprov Sulbar Diminta Pertahankan Pulau Lerek-Lerekang



SESI.COM- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat diminta tetap berupaya mempertahankan Pulau Lere-Lerekang di perairan Kabupaten Majene yang terus berusaha dimiliki Pemerintah Kalimantan Selatan.

"Meskipun ada pemberitaan di media bahwa Mahkamah Agung (MA), mengabulkan uji materi Permendagri Nomor 43 Tahun 2011, yang menyatakan bahwa Pulau Lere-Lerekang masuk wilayah Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), itu jangan membuat pemerintah di Sulbar lengah," kata Koordinator Gerakan Perlindungan Pulau Terluar Provinsi Sulawesi Barat (GPPTS) Hatta Kainang di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, kalaupun seandainya pemberitaan di media benar adanya bahwa Pulau Lere-Lerekang diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Kota Baru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menyusul dikabulkannya Permendagri Nomor 43 tahun 2011 oleh MA, pemerintah di Sulbar harus tetap mempertahankan pulau tersebut.

"Kita juga harus menempuh jalur hukum, jangan mau kalah dengan jalur hukum yang ditempuh Pemerintah Kota Baru, karena masih banyak jalan yang bisa ditempuh pemerintah di Sulbar untuk dapat mempertahankan Pulau Lere-Lerekang yang dinamai pemerintah Kota Baru Pulau Lari-Lariang itu," kata Hatta yang juga pengacara Pemprov Sulbar ini.

Menurut dia, Pemerintah Sulbar harus melakukan langkah hukum dengan melakukan uji materil pembentukan Kabupaten Kota Baru, agar jelas batas batas wilayah Kabupaten yang telah berupaya mencaplok Pulau Lere-Lerekang yang terletak diperairan Sulawesi untuk masuk wilayahnya

"Dengan uji materil wilayah Kabupaten Kota Baru saat dibentuk, akan menjelaskan apakah Lere-Lerekang memang wilayahnya atau masuk dalam wilayah Kabupaten Majene sesuai yang ditetapkan dalam Permendagri Nomor 43 Tahun 2011," katanya.
Ia juga meminta pemerintah di Sulbar membentuk tim pencari fakta mengenai wilayah Kabupaten Kota Baru, untuk mengetahui jelas wilayah Kabupaten tersebut, jangan sampai benar-benar berupaya mencaplok wilayah Sulbar.

Menurut dia, pemerintah di Sulbar mesti berupaya mempertahankan Pulau Lere-Lerekang karena pulau yang memiliki kandungan kekayaan gas didalamnya mencapai satu triliun akan berguna bagi demi masa depan Sulbar dalam membangun daerahnya agar lebih maju dan berkembang.

"Lere-Lerekang adalah kekayaan Sulbar yang akan dapat membangun ekonomi daerah, maka harus dipertahankan dengan segala cara dan jangan biarkan Kalsel merampasnya," katanya.(Iwn/Ant)

No comments:

Post a Comment